Kamis 01 September 2022, 18:10 WIB

Artopologi Tampilkan Epos Ramayanan dalam Metaverse di NXC International Summite 2022

Mediaindonesia.com | Teknologi
Artopologi Tampilkan Epos Ramayanan dalam Metaverse di NXC International Summite 2022

dok. Artopologi
Epos Ramayana ditampilkan dalam platform metavers di ajang NXC International Summit 2022

 

PLATFORM lokapasar (marketplace) penyaji karya seni otentik dan terkurasi, Artopologi memulai rangkaian pameran karya seni terintegrasi Web3, melalui partisipasinya dalam perhelatan Web3 tingkat dunia NXC International Summit 2022 di Nusa Dua, Bali, 31 Agustus-2 September 2022. 

Bersama VR Park selaku VR developer, dalam kegiatan itu Artopologi menyajikan pengalaman virtual reality dari epos Ramayana hasil karya seniman digital tanah air Febrian “Graves” Satria. Melalui rangkaian pameran ini, Artopologi berharap dapat menjembatani dunia seni dengan teknologi. 

Pengalaman unik dan istimewa masuk ke dalam kisah Ramayana di dunia metaverse menanti para pengunjung NXC International Summit 2022. Di wahana VR Park atau Virtual Reality Amusement Center, pengunjung dapat berinteraksi dalam jarak dekat dengan para tokoh kisah legendaris Ramayana yang dituangkan dalam lensa virtual reality (VR). 

Hadirnya epos Ramayana dalam ruang virtual tersebut merupakan buah kolaborasi Artopologi sebagai marketplace karya seni yang terintegrasi dengan blockchain, VR Park selaku VR developer, serta menggandeng seniman digital tanah air Febrian “Graves” Satria.

“Kami bangga dapat memfasilitasi kolaborasi antara Graves dengan VR Park, yang hadir untuk memimpin Indonesia memasuki metaverse, memungkinkan semua orang dari segala usia untuk berinteraksi dengan konvergensi pertama dan terbesar antara realitas dan dunia maya, serta menyatukan semua melalui pengalaman baru dalam lensa VR," kata Intan Wibisono, Founder dan CEO Artopologi dalam keterangannya, Kamis (1/9).

Ia menjelaskan, perhelatan tahunan NXC International Summit 2022 adalah kesempatan besar untuk unjuk kemampuan seniman dan startup lokal ke dunia internasional. 

Baca juga : Busan Gandeng Binance Kembangkan Ekosistem Blockchain dan Busan Digital Asset Exchange

“Artopologi mengambil peran di dalamnya dengan mengkurasi karya seni digital yang berkualitas tinggi dari seniman karya kripto dari Yogyakarta untuk bisa dihadirkan dalam bentuk yang berbeda,” lanjut Intan.

Adapun Febrian Graves (@febryangraves) adalah desainer, ilustrator, sekaligus kreator karya kripto yang piawai dalam menciptakan karakter-karakter spektakuler dalam seni kriptografi. Karya epos Ramayana ini bisa dimiliki oleh kolektor seni melalui platform non-fungible token (NFT) di marketplace KnownOrigin. 

“Sungguh sebuah pengalaman yang sangat mengesankan ketika sebuah karya seni menjadi hidup dalam bentuk virtual reality. Sebagai seniman, tentu saya senang bila hasil karya saya dapat diapresiasi oleh lebih banyak orang. Mudah-mudahan ini bisa jadi motivasi bagi para seniman Indonesia untuk terus berkarya dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan karena teknologi," ujar Febrian. 

Pengalaman epos Ramayana dalam bentuk virtual reality juga bisa disaksikan melalui kanal YouTube Artopologi.

Tidak berhenti di satu event, kolaborasi Artopologi dengan VR Park dan Febrian Graves akan terus berlanjut dan berpuncak pada pameran seni dan teknologi terintegrasi dengan blockchain yang akan digelar di Museum Nasional, Jakarta, pada Oktober tahun ini.

“Kita ketahui, potensi teknologi blockchain masih sangat luas dan Artopologi hadir di sini untuk menjembatani dunia seni dan teknologi melalui platform yang kami bangun. Kami ingin dapat mempertemukan pecinta seni dengan para seniman, galeri, serta museum dalam ekosistem yang terjamin dan terpercaya, karena setiap karya seni di platform kami terkurasi dengan baik, otentik, dan telah terdaftar di blockchain. Transaksi juga dapat dilakukan dengan mata uang rupiah untuk memudahkan semua pihak,” tutup Intan. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Tesla Pamerkan Robot Humanoid Bernama Optimus

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:55 WIB
Perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk, Tesla, baru saja memamerkan robot "humanoid" bernama Optimus dalam ajang Tesla AI Day...
Ist

Aqua Japan Kenalkan Produk Penyejuk Udara Sekaligus Air Purifier

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 10:23 WIB
Dilengkapi dengan wifi, AC ini adalah produk berbasis IoT terbaru dari Aqua Japan, sehingga memudahkan siapa pun, dimana pun dan kapan...
MI/Syarief Oebaidillah

Startup Ini Gabungkan Pendidikan dengan Kesehatan dalam Satu Aplikasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 30 September 2022, 22:09 WIB
"Sekolah sehat berarti harus ada suatu sistem yang mendukung tumbuh kembang anak didik, guru-guru, staff, baik akademik dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya