Selasa 12 Juli 2022, 07:05 WIB

Netizen Perlu Bentengi Diri dari Tindakan Negatif di Ruang Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Netizen Perlu Bentengi Diri dari Tindakan Negatif di Ruang Digital

shotstash.com
Ilustrasi

 

Kemajuan teknologi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi. Sehingga setiap orang harus mampu mengakses informasi dengan benar dan tepat sesuai netiket atau tatakrama dalam penggunaan internet.

Sekarang ini informasi dan konten di media digital seperti atmosfer. Setiap orang bisa mendapatkan dan mengakses dengan mudah. Sehingga sulit mengontrol penyebaran informasi dan konten bohong atau hoaks. Ketika didebunk satu tumbuhnya seratus, bikin hoaks hanya dua menit tapi mendebunk bisa tiga jam dan hanya menghapus 10 persen dari yang terimbas.

“Yang bisa membentengi adalah diri sendiri. Kita harus bisa membentengi diri dari tindakan negatif di ruang digital. Kita harus mampu menyeleksi dan menganalisis informasi saat berkomunikasi di platform digital,” kata Relawan Mafindo, dosen praktisi, Rovien Aryunia di Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/7).

Individu yang cakap digital tidak hanya mengakses informasi di media digital, tapi mampu berkontribusi dengan memproduksi dan mendistribusikan informasi Setiap orang bebas menyampaikan pendapat dan mengunggah konten, tapi tidak pernah bebas dari sanksi sosial dan hukum.

Sekarang ini Indonesia memiliki Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Menurut Rovien, kebijakan ini bisa menjerat orang-orang yang melanggar etika di ruang digital.  “Setahu saya UU ITE bisa dijalankan kalau ada yang melapor. Ada delik aduan. Jadi selama tidak ada yang melapor, terus tidak ada pihak yang merasa  tersinggung, akan tetap ada,” ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

Freepik.com

Literasi Digital Dapat Hasilkan Konten Viral Positif di Dunia Maya

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:31 WIB
Membuat konten viral tidak harus dengan konten negatif dan nyeleneh. Konten edukatif dan inspiratif yang menjunjung etika juga bisa...
Ilustrasi

Literasi Digital Dapat Tangkal Hoaks di Internet

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:11 WIB
Jurnalis Freelance sekaligus Relawan Edukasi Anti Hoaks Indonesia Irmawati Puan Mawar menekankan untuk selalu mengecek kebenaran suatu...
DOK MI.

Kelebihan Teknologi SD-WAN untuk Percepat Transformasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:50 WIB
Teknologi Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) memiliki solusi dalam membuat jaringan semakin lincah, fleksibel, terukur, konsisten,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya