Sabtu 26 Maret 2022, 18:40 WIB

Perkembangan Digitalisasi Dongkrak Industri Laptop Dalam Negeri

mediaindonesia.com | Teknologi
Perkembangan Digitalisasi Dongkrak Industri Laptop Dalam Negeri

Antara
MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

 

MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pembentukan ekosistem industri laptop melalui peningkatan demand di dalam negeri penting dilakukan untuk menjalankan program substitusi impor 35% pada 2022. Permintaan dalam negeri untuk produk laptop mencapai tiga juta unit per tahun dan diprediksi akan terus meningkat.

“Permintaan ini diprediksi terus bertambah seiring berkembangnya digitalisasi. Oleh karena itu, industri di dalam negeri perlu mengambil peluang ini,” ujar Agus dalam keterangan yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Kemenperin, sambungnya, sedang membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait di antaranya PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada dan PT. Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem bernama Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET). Pihaknya juga akan menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset untuk dapat bekerja sama guna memperdalam struktur industri elektronika khususnya untuk memproduksi laptop.

"Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa, yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri,” tegasnya. 

Chairwoman PT TSM Yovita Bellina menyampaikan, generasi Chromebook 4G LTE yang diluncurkannya telah dilengkapi dengan modul selular tertanam (built-in) 4G LTE sehingga pengguna dapat mengoperasikannya di mana pun asalkan terhubung dengan jaringan broadband selular.

“Kedua perangkat ini akan dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wifi, dan Chromebook C120 untuk versi Wifi. Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022,” ujar Yovita.

Ia menambahkan, pihaknya ingin membuktikan bahwa perusahaan akan mendukung penuh pemerintah dalam membangun kompetensi teknis serta kemandirian riset dalam negeri. “Riset dan pengembangan tersebut dijalankan secara penuh oleh TSM, diproduksi dan dipasarkan melalui kolaborasi dengan para mitra,” tandasnya.

Secara terpisah, Country Lead Google for Education, Olivia Husli Basrin, mengatakan, Google mendukung produksi Chromebook dalam negeri sebagai bentuk komitmen padap engembangan teknologi di Indonesia dan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri. Google telah bermitra dengan 5 pabrikan dalam negeri sejak 2021 untuk memproduksi Chromebook yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan pendidikan dengan fitur aksesibilitas dan keamanan yang maksimal.

"Kami menyambut baik mitra terbaru kami, Qualcomm dan TSM, yang memproduksi Chromebook LTE pertama di Indonesia. Kami yakin produk ini dapat memenuhi kebutuhan perangkat pendidikan, khususnya di daerah-daerah dengan jangkauan internet yang terbatas," ujar Olivia.

Olivia mengatakan, dengan bermitra bersama pabrikan dalam negeri, Google dapat terus berkontribusi dalam pengembangan kapasitas dan keahlian sumber daya manusia untuk ekosistem software dan hardware, serta meningkatkan kapasitas riset dan pengembangan nasional. Hal ini dapat mendukung kemajuan industri teknologi Indonesia dapat terwujud.

"Akhir kata, Google berharap berbagai upaya dan kontribusi kami dapat terus mendukung perkembangan teknologi dalam negeri beserta industrinya, khususnya dalam memajukan pendidikan siswa-siswi Indonesia," kata Olivia. (RO/A-3)

 

 

 

Baca Juga

Antara

Waspada Adware, Jangan Instal Aplikasi Beriklan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:51 WIB
Tingginya aktivitas digital juga membuka potensi buruk seperti penipuan dan pencurian akun. Sehingga masyarakat memerlukan pemahaman...
Dok. NASA

Robot NASA untuk Deteksi Alien Bawah Air

👤CNet/M-2 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:50 WIB
EKSPLORASI lembaga penelitian antariksa Amerika Serikat, NASA, untuk mengetahui lebih dalam tentang alien tak pernah henti...
AFP/PATRICK PLEUL

Megaproyek nan Ambisius

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 07:45 WIB
Tak hanya di Bumi, ambisi Elon Musk mencakup angkasa luar dengan pelbagai proyek yang dikerjakan oleh salah satu perusahaannya,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya