Sabtu 23 Januari 2021, 12:20 WIB

Dukung Penanganan Bencana dengan CPE610 dan EAP110-Outdoor

Mediaindonesia.com | Teknologi
Dukung Penanganan Bencana dengan  CPE610 dan EAP110-Outdoor

Dok.TP Link
Ilustrasi

KOMUNIKASI menjadi hal sangat penting dalam penanganan bencana. Peran perangkat jaringan internet menjadi sangat vital bagi posko kebencanaan pemerintah ataupun relawan dalam mengatur koordinasi hingga logistik, komunikasi pengungsi dengan keluarga, terutama mendukung para siswa pelajar yang belajar online akibat pandemi.

Hal itulah yang juga terjadi dalam penanganan erupsi Gunung Merapi di Sleman, DI Yogyakarta. Ketika iti TP Link bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyediakan akses Internet di lokasi pengungsian. Saat itu, TP-Link mendonasikan 10 buah CPE610 dan 5 buah EAP110-Outdoor, dan menuai respon positif karena kehandalannya dalam membantu penanganan bencana Gunung Merapi.

Baca juga: Pemprov Sumsel Lebarkan Jaringan Internet Desa

Seperti disampaikan Ketua  APJII Pengurus Wilayah Yogyakarta Tigor Jonson Purba, pemasangan jaringan Wi-Fi di beberapa barak menggunakan TP-Link CPE610 dan EAP110-Outdoor sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik.  Dengan kondisi alam yang berbukit, pepohonan, dan hujan lebat di lereng Merapi outdoor unit CPE610 dapat menghantarkan bandwidth internet yang memadai untuk satu barak.

EAP110-Outdoor  juga dapat dengan mudah diakses di barak pengungsian yang terdiri dari tenda penampungan, dan gedung dengan bilik–bilik tersekat yang didiami setiap keluarga pengungsi.

CPE610 memiliki kecepatan wireless hingga 300Mbps pada band 5GHz.  Dilengkapi dengan antena high-gain 23dBi 2x2 MIMO dan metal reflector khusus yang ideal untuk pengaplikasian jarak jauh. Latensi dan peredam noise yang lebih baik,  dilengkapi dengan snap-lock yang inovatif membuat perakitan lebih cepat serta desain struktural yang kokoh membuat CPE610 stabil saat angin kencang atau  cuaca ekstrim lainnya.

“Perangkat ini juga dilengkapi dengan Weatherproof IP65, ESD 15 kV dan proteksi petir 6 kV memastikan kesesuaian untuk semua cuaca. Pharos Control pada CPE610 memberi akses manajemen terpusat kepada admin, serta adanya dukungan PoE (Power over Ethernet) pasif untuk memungkinkan penyebaran yang fleksibel dan pemasangan yang mudah,” ungkap Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia.

Kemudian EAP110-Outdoor, memang digunakan untuk aplikasi Wi-Fi luar ruangan, memiliki kecepatan Wi-Fi hingga 300Mbps dengan teknologi 2x2 MIMO. Daya transmisi tinggi dan antena high-gain omni-directional memberikan jangkauan jarak jauh. EAP110-Outdoor juga dilengkapi dengan penutup IP65 weatherproof, tahan lama dan tahan terhadap berbagai cuaca .

Selain itu,  EAP110-Outdoor  mendukung PoE (Power over Ethernet) pasif dan desain yang sederhana memungkinkan penerapan yang fleksibel dan pemasangan yang mudah. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok. Samsung

Ini Jajaran Teknologi TV Terbaru Samsung tahun 2021

👤Luthfi Anggraeni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 00:04 WIB
Produk terbaru ini terdiri dari lini Micro LED, Samsung Neo QLED, Lifestyle TV, dan monitor, serta...
Dok. Pribadi

Pembelian Gawai lewat Cicilan Meningkat Selama Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 04 Maret 2021, 23:46 WIB
Bahkan, menurut catatan Kredivo, pembiayaan membeli gawai naik dua kali lipat terutama untuk pembelian secara...
Dok. Tokopedia

Tokopedia Sematkan Teknologi Geo-Tagging di Fitur TokoMart

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 04 Maret 2021, 23:24 WIB
"Tingginya antusiasme masyarakat mendorong kami untuk menghadirkan TokoMart. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya