Jumat 23 Oktober 2020, 02:43 WIB

Bosch Nexeed Industrial Application System Solusi Saat Pandemi

RO | Teknologi

PANDEMI turut memengaruhi aktivitas industri manufaktur, termasuk di sektor otomotif. Para pelaku usaha terpaksa mengurangi tenaga operasional di lokasi pabrik sehingga berpotensi mengganggu kuantitas dan kualitas produksi. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem terkoneksi untuk dapat memaksimalkan kinerja di seluruh rantai produksi. 

Bosch sebagai perusahaan penyedia layanan dan teknologi otomotif global terkemuka, melalui divisi Connected Industry memperkenalkan solusi Nexeed Industrial Application System - gabungan perangkat lunak dan layanan berbasis teknologi Industri 4.0 yang mampu merekam, memproses dan memvisualisasikan data dari rantai produksi, sehingga keseluruhan proses berlangsung transparan serta efisien.

"Nexeed Industrial Application System dari Bosch memungkinkan pemantauan lini-lini produksi di sebuah pabrik otomotif tidak perlu lagi dilakukan secara langsung di lapangan, tetapi bisa dari jarak jauh. Tentunya hal ini mendukung perusahaan dalam menjalankan protokol kesehatan demi keselamatan para pekerjanya selama pandemi Covid-19 - dengan tetap menjaga  kuantitas dan kualitas produksi,” papar Business Development Manager Connected Solutions, Bosch di Indonesia Dhuha Abdul, Kamis (22/10).     

Nexeed Industrial Application System menyediakan data secara kompatibel dan terstandarisasi, serta menyajikan informasi terkait proses produksi (dan kondisi pabrik) dengan cepat. Manajer dan para pekerjanya dapat melihat status produksi, bahkan sudah bisa mengetahui tugas-tugas apa saja yang perlu segera atau akan dikerjakan berikutnya. 

Fitur predictive maintenance yang dimilikinya membuat down time dapat dikurangi sehingga ketersediaan mesin pabrik meningkat hingga 15%, juga mengurangi produk gagal/cacat sehingga meningkatkan hasil produksi 5% sampai 10%. Karena dapat diakses dari mana saja oleh siapa pun - yang telah ditentukan, membuat proses rantai produksi transparan sehingga para manajer, engineer maupun operator dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat. 

Sistem ini mudah dipelajari dan dioperasikan oleh pekerja tanpa perlu memiliki latar keterampilan teknologi informasi (IT) secara khusus. Berkat arsitektur software moderen, antarmuka yang terdokumentasi, dan open standard, sistem ini memiliki fleksibilitas dan keamanan yang dapat diandalkan.

Saat ini Nexeed Industrial Application System sudah digunakan di lebih dari 100 pabrik di seluruh dunia dari berbagai sektor industri. Sementara, pada sektor manufaktur otomotif, sistem ini sudah diaplikasikan di sejumlah pabrik yang berlokasi di Eropa dan Asia. (S-4)

Baca Juga

AFP/Denis Charlet

Podcast dalam Pembicaraan Bakal Dibeli Amazon

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 19:30 WIB
Bulan lalu, Apple dan Sony Music Entertainment telah mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan membeli Wondery, dengan kemungkinan...
AFP/OZan Kose

Harga Bitcoin Melseat, Saatnya Pertimbangkan Aset Kripto

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 03:25 WIB
Jika dibandingkan dengan harga pada perdagangan April 2020 lalu, maka harga Bitcoin pada 25 November kemarin sudah meningkat hingga...
Ilustrasi

Wujudkan Satu Data Indonesia, Telkom Luncurkan BigBox

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 02:34 WIB
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menjelaskan, BigBox merupakan wujud nyata kontribusi Telkom dalam pemanfaatan data bagi masyarakat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya