Kamis 05 Januari 2023, 12:27 WIB

Jadi Korban Rasisme, Pemain Lecce Nangis Usai Pertandingan

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Jadi Korban Rasisme, Pemain Lecce Nangis Usai Pertandingan

IFTVofficial
Samuel Umtiti

 

Pemain Prancis Samuel Umtiti meninggalkan lapangan sambil menangis setelah dia dan rekan setimnya di Lecce Lameck Banda mengalami pelecehan rasis dari para penggemar Lazio saat meraih kemenangan dengan skor 2-1 di Stadion Comunale Via del Mare, Rabu (4/1/2023) malam WIB.

Wasit sempat menghentikan pertandingan di babak kedua karena ada ejekan rasis yang berasal dari sektor tribune yang diduduki oleh pendukung Lazio. Mereka juga melontarkan hinaan rasis kepada pemain asal Zambia, Lameck Banda selama babak pertama.

Umtiti ialah pemain kelahiran Kamerun yang memenangkan Piala Dunia 2018 bersama Prancis. Ia dipinjamkan ke Lecce dari Barcelona. Pemain berusia 29 tahun itu meninggalkan lapangan sambil menangis di akhir pertandingan.

Presiden Lecce Saverio Sticchi Damiani mengatakan bahwa wasit menghentikan pertandingan dan penyiar stadion menyerukan agar pelecehan dihentikan. Namun, kata dia, Umtiti meminta agar pertandingan tetap dilanjutkan.

"Dia ingin menanggapi hinaan itu di lapangan (dengan tetap melanjutkan pertandingan). Dia bereaksi seperti seorang juara sejati," kata Damiani.

Lecce memprotes keras setelah pemainnya mendapatkan tindakan rasis. Mereka tersebut menyuarakannya di media sosial Twitter usai pertandingan.

"Nyanyian rasis telah bergema sepanjang laga. Namun kami tak tinggal diam, semua pendukung Lecce mulai meneriakkan satu nama, Umtiti, sebagai bentuk dukungan dan semangat baginya," tulis pihak klub.

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan tanggapan atas insiden itu dan dukungan ke Umtiti dan Banda.

"Mari berteriak dengan keras dan jelas: TIDAK UNTUK RASISME! Semoga sebagian besar penggemar, yang merupakan orang baik, berdiri untuk membungkam semua rasis untuk selamanya!" tulisnya dalam postingan Instagram. (AFP/OL-12)

Baca Juga

Paul ELLIS / AFP

Gareth Southgate Curhat Sempat Berniat Mengundurkan Diri

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 07:30 WIB
Gareth Southgate sempat berniat mengundurkan diri sebagai manajer Inggris menyusul kritik menjelang Piala Dunia...
dok.Ant

Juventus Terancam Denda 50 juta Euro dan Pemainnya akan Dilarang Bermain

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 06:35 WIB
JUVENTUS yang tengah dibelit krisis dan dipangkas 15 poin, terancam dikenai denda senilai 50 juta euro (Rp814 miliar) serta...
Fayez NURELDINE / AFP

Cristiano Ronaldo Gagal Antar Al Nassr Masuk Piala Super Saudi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 06:30 WIB
Dia menciptakan sejumlah peluang gol tetapi digagalkan oleh pertahanan Al...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya