Jumat 10 Juni 2022, 18:13 WIB

Menguji Konsistensi Skuad Garuda

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Menguji Konsistensi Skuad Garuda

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong

 

TIM nasional Indonesia harus melupakan euforia hasil melawan Kuwait dan fokus pada laga melawan Yordania demi menjaga asa lolos ke Piala Asia 2023. Skuad Garuda belum pernah menang atas Al-Nashama --julukan Timnas Yordania-- dari empat pertandingan terakhir.

Berlaga di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Minggu (12/6) dini hari WIB, Indonesia memang tidak diunggulkan. Dari empat pertemuan, Yordania yang saat ini menempati urutan ke-91 FIFA selalu menang dan mampu melesakkan 12 gol dan Indonesia hanya dua gol. Terakhir kali bertemu, skuad Garuda yang saat itu diarsiteki Simon McMenemy takluk 1-4 dari Yordania pada 11 Juni 2019 di Amman, markas Yordania.

Namun, seperti idiom lawas, bola itu bundar. Siapapun bisa memenangkan pertandingan. Skuad Garuda perlu menunjukan kekuatan mental dan konsistensi seperti laga melawan Kuwait yang berakhir kemenangan 2-1.

Pada laga sebelumnya di Grup A, Yordania mampu mengalahkan Nepal 2-0. Hasil itu membuat mereka ada di puncak klasemen dengan tiga poin, disusul Indonesia di urutan kedua, kalah selisih gol dari Yordania. Sementara Kuwait dan Nepal yang belum memiliki poin ada di posisi tiga dan empat klasemen.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong telah mengingatkan anak asuhnya untuk tetap optimis dan akan terus bekerja keras di atas lapangan. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu bertekad membawa anak asuhnya tampil maksimal melawan Yordania.

"Saya yakin kemenangan akan menghampiri kami jika para pemain terus berjuang keras di lapangan. Sekarang kami fokus ke depan. Kami akan berjuang dan berikan yang terbaik," kata Shin.

Baca juga: Pelatih Yordania Waspadai Kekuatan Pasukan Garuda

Merujuk pada laga melawan Nepal, Yordania selalu memaksimalkan serangan sayap dan umpan silang ke kotak penalti. Skema ini hampir mirip dengan permainan Kuwait yang merepotkan lini pertahanan Indonesia dan berujung gol di babak pertama.

Shin Tae-yong tentunya sudah menganalisis laga itu. Pemain Indonesia diharapkan terus fokus melawan Yordania yang memiliki kolektivitas permainan rapi juga postur yang tinggi.

Shin Tae-yong tentunya sudah menganalisis permainan Yordania melawan Nepal. Shin diperkirakan tidak bakal membuat perubahan besar di starting eleven. Nama-nama seperti Marc Klok, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho dan Elkan Baggott tetap bisa jadi andalan.

Sedangkan Yordania bisamengandalkan Hamza Al Dardour. Top skor Yordania dengan 32 gol itu memang tak bermain sejak menit awal melawan Nepal. Bisa jadi, tenaganya lebih disiapkan untuk menghadapi Indonesia dan Kuwait.

Sementara itu, Pelatih Yordania, Adnan Ahmad mewaspadai semangat skuad Garuda yang baru saja mengalahkan tuan rumah Kuwait. Menurutnya, hasil itu membuat Indonesia memiliki peluang yang sama dengan Yordania untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

"Tak perlu diragukan kemenangan atas tuan rumah membuat mereka mengubah peta persaingan grup. Mereka akan berusaha keras untuk memenangi tiket putaran final," kata Adnan Hamad dilansir laman resmi Federasi Sepak Bola Yordania.

Pelatih berusia 61 tahun tersebut menyebutkan bahwa timnas Indonesia merupakan tim yang terorganisir. Ia pun mewanti-wanti pemainnya jelang menghadapi skuad Garuda.

"Mereka adalah tim yang terorganisir dan memiliki pemain profesional di dalamnya. Mereka mempersiapkan diri dengan baik untuk kualifikasi ini dan kami harus memberikan level penampilan yang tepat untuk meraih kemenangan serta berada di puncak grup," ucap Adnan Hamad. (PSSI/OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Indrayadi TH

Persis Telan Kekalahan Keempat, Jacksen Ogah Mundur

👤Widhoroso 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:29 WIB
PERSIS Solo kembali menelan kekalahan pada pekan keempat Liga 1 2022/23, melawan Persita Tangerang, Minggu (14/8). Persis kalah...
KERSTIN JOENSSON / AFP

Muenchen Masih Perkasa di Pekan Kedua

👤Dhika kusuma winata 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:52 WIB
Muenchen meraih poin penuh usai menang 2-0 dari Wolfsburg di Allianz Arena, Minggu (14/8). Ini sekaligus menjadi clean sheet alias tanpa...
AFP/Glyn KIRK

Tuchel Tegaskan tidak Ada Dendam dengan Conte

👤Dhika kusuma winata 🕔Senin 15 Agustus 2022, 12:45 WIB
Tuchel menegaskan tidak ada dendam kepada Conte setelah dua kali berseteru yang mengakibatkan keduanya diganjar kartu merah setelah laga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya