Kamis 09 Juni 2022, 04:15 WIB

Persija Datangkan Bek Timnas Rep Ceko

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Persija Datangkan Bek Timnas Rep Ceko

AFP/Josep LAGO
Bek timnas Rep Ceko Ondrej Kudela kala berseragam Slavia Praha

 

KLUB Liga 1 Persija resmi mengontrak pemain asing baru, yang juga bek tengah timnas Rep Ceko Ondrej Kudela selama tiga tahun mulai Juni 2022.

Pelatih Macan Kemayoran Thomas Doll menyambut baik kedatangan pemain internasional kedua dalam skuatnya setelah Makan Konate.

"Saya merasa Ondrej bjsa memberi pengaruh positif untuk lini belakang Persija. Dia solid dalam bertahan, mampu mendistribusikan bola ke depan dengan baik, bermental bagus, dan sangat profesional," kata Doll di laman Persija di Jakarta, Rabu,

Baca juga: Thomas Doll Akan Ubah Gaya Permainan Persija

Status Kudela sebagai pemain timnas Ceko dan pengalamannya berlaga di berbagai turnamen di Eropa juga diharapkan Doll akan membantu para pemain muda Persija berkembang. Doll sendiri sudah berkomunikasi dengan Ondrej sejak dua pekan lalu.

"Dia sangat antusiastis, sama seperti saya, asisten pelatih Pasquale Rocco, dan pelatih kiper Jan Klima. Memulai sesuatu yang baru di Asia menjadi sebuah tantangan untuk kami semua, apalagi bermain untuk Persija, klub besar yang mempunyai sejarah. Saya sudah berbicara dengan Ondrej bahwa Persija mempunyai suporter yang luar biasa dan dia sangat senang," tutur dia.

Sebelum didatangkan Persija, Ondrej Kudela aktif bermain untuk klub ternama Liga Rep Ceko, Slavia Praha. Lima tahun di Slavia Praha, Ondrej mencatatkan 98 penampilan dengan membuat 14 gol.

Bek tengah berusia 35 tahun itu membantu timnya tiga kali menjuarai Liga Rep Ceko dan tiga kali menjadi kampiun Piala Rep Ceko.

Kudela melakukan debut untuk timnas Rep Ceko pada 2019, sedangkan terakhir kali berseragam timnas adalah pada 5 Juni 2022 saat dia masuk dari bangku cadangan saat timnas Rep Ceko berlaga di laga Liga Negara UEFA melawan Spanyol.

Kudela cukup sering mencicipi kompetisi antarklub Eropa yaitu Liga Eropa dan Liga Champions. Terkini, bersama Slavia Praha, Ondrej bertarung di ajang Liga Champions 2021-2022 dengan bersua Barcelona, Borussia Dortmund, dan Inter Milan di Grup F.

Ondrej merupakan bek tengah yang rutin mencetak gol bersama Slavia Praha. Pada 2018-2019, dia menorehkan tiga gol, musim berikutnya mencetak dua gol, musim 2020-2021 enam gol dan tiga gol pada 2021-2022.

Kudela adalah pesepak bola yang nyaris tidak pernah keluar Liga Rep Ceko. Hanya sekali dia berseragam tim luar Rep Ceko yaitu pada 2014 saat dipinjamkan ke klub Liga Kazakhstan, Ordabasy. 

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara ketiganya sepanjang karier dan tim pertama dari Asia yang diperkuatnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/ JIM WATSON

Lewat Twitter, Elon Musk Mengaku akan Beli Manchester United

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:35 WIB
Manchester United kalah beruntun dua kali, termasuk 4-0 di kandang Brentford, yang menyebabkan mereka terpuruk di posisi juru kunci...
MI/Laily Rachev/BPMI Setpres

Jokowi Terima Timnas U-16 di Istana Merdeka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:16 WIB
Timnas hadir bersama pelatih Bima Sakti di Istana Merdeka pada pukul 09.30 WIB dan langsung disambut Presiden Jokowi di ruang...
AFP/Lindsey Parnaby

Ryan Giggs Akui tidak Pernah Setia pada Pasangan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:13 WIB
mantan pesepak bola berusia 48 tahun itu mengakui dirinya kerap berselingkuh dengan alasan dia secara alami memang genit dan tidak bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya