Rabu 25 Mei 2022, 06:00 WIB

Tsonga Pamit dari Tenis di Prancis Terbuka

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Tsonga Pamit dari Tenis di Prancis Terbuka

AFP/Christophe ARCHAMBAULT
Petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga melambaikan tangan di upacara perpisahannya di Prancis Terbuka.

 

JO-WILFRIED Tsonga, mantan runner-up Australia Terbuka dan peringkat lima dunia, mengatakan dia tidak bisa meminta situasi yang lebih baik lagi ketika dia mengucapkan selamat tinggal kepada tenis di Roland Garros, Selasa (24/5).

Petenis berusia 37 tahun itu, yang bulan lalu mengatakan akan gantung raket di Prancis Terbuka, kalah 6-7 (6/8), 7-6 (7/4), 6-2, dan 7-6 (7/0) dari Casper Ruud di putaran pertama.

"Hari ini sangat gila. Ini merupakan atmosfer terbaik yang pernah saya lihat sepanjang karier saya dan ini adalah laga terakhir saya," ujar Tsonga.

Baca juga: Lanjutkan Rekor tidak Terkalahkan, Swiatek Melaju ke Putaran Kedua Prancis Terbuka

"Saya tidak bisa meminta lebih dari ini. Saya tidak bisa meminta situasi yang lebih baik selain seandainya saya bisa menang," lanjutnya.

Dengan band memainkan lagu La Marseillaise saat jeda, Tsonga membuat para penonton di Court Philippe Chatrier bersorak ketika dia merebut set pertama.

Namun, Ruud, yang menjadi juara di Jenewa, pekan lalu, bangkit dan memenangkan dua set berikutnya.

Tsonga kemudian unggul 6-5 di set keempat namun kemudian terpaksa memanggil tim medis sebelum tie break untuk mendapatkan perawatan pada bahu kanannya.

Ruud, yang merupakan unggulan kedelapan, dengan mudah meraih kemenangan atas Tsonga yang terlihat kesakitan. Petenis Prancis itu terlihat menangis di poin terakhir kariernya yang telah berlangsung selama 18 tahun.

"Ketika saya akan melakukan servis dan tidak bisa mengangkat tangan saya, saya memanggil fisioterapis. Namun, saya bertekad bertahan di lapangan dan menyelesaikan pertandingan," tegas Tsonga.

"Saya ingin mengakhiri karier saya dengan bertanding, di lapangan, bermain, dalam kondisi sehat ataupun sakit."

"Saya puas karena saya memberikan segalanya di pertandingan ini," lanjutnya.

Sebuah video yang menampilkan perjalanan karier Tsonga kemudian diputar di stadion dengan teman, keluarga, dan sesama petenis berkumpul untuk upacara perpisahan bagi petenis Prancis itu.

Andy Murray. Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer mengirimkan pesan perpisahan untuk Tsonga.

"Saya sangat menikmati ini. Saya akhirnya bisa menangis. Momen ini akan selalu saya kenang," kata Tsonga.

Tsonga, yang tampil sebagai pemain nonunggulan, sukses mencapai final Australia Terbuka 2008 sebelum kalah dari Djokovic saat petenis Serbia itu memenangkan gelar Grand Slam pertamanya.

Dia kemudian berhasil mencapai semifinal Prancis Terbuka dan Wimbledon serta final ATP Finals 2011 sebelum dikalahkan Federer.

Tsonga memenangkan medali perak Olimpiade di nomor ganda saat berpasangan dengan Michael Llodra di Olimpiade Tokyo 2021 dan merupakan bagian dari tim Prancis yang menjadi juara Piala Davis 2017.

Dia juga memenangkan dua gelar Masters, di Paris pada 2008 dan Toronto 2014.

Namun, serangkaian cedera, dalam beberapa tahun terakhir, menyebabkan peringkatnya merosot ke posisi 297. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

PSIS Semarang Pertahankan Ritme untuk Melawan Arema FC

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 15:29 WIB
"Kami sudah menjalani lima pertandingan (empat fase grup dan satu pertandingan perempat final) yang saya rasa kami sudah stabil,...
AFP/INA FASSBENDER

Newcastle Ingin Datangkan Diaby

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 06 Juli 2022, 11:54 WIB
Diaby menjadi salah satu dari beberapa opsi lini serang yang kini tengah diincar Newcastle United untuk didatangkan musim panas...
AFP/BERTRAND GUAY

Galtier Ingin Akhiri Gemerlap PSG

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 11:51 WIB
Biasanya pelatih-pelatih PSG mendapatkan keistimewaan untuk membeli pemain mahal dan membentuk tim. Namun, kali ini, Galtier...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya