Rabu 10 November 2021, 10:00 WIB

Legenda Sepak Bola Putri Brasil Formiga Gantung Sepatu

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Legenda Sepak Bola Putri Brasil Formiga Gantung Sepatu

AFP/Kohei CHIBAHARA
Gelandang timnas Brasil Formiga (kiri)

 

PESEPAK bola dengan jumlah penampilan terbanyak untuk timnas sepanjang sejarah Brasil, Formiga, akan memainkan laga terakhirnya bersama timnas, bulan ini. Pesepak bola berusia 4 tahun itu akan mengakhiri kariernya yang diwarnai dengan tujuh laga Piala Dunia dan Olimpiade.

Gelandang itu akan mengenakan jersey Selecao untuk terakhir kalinya dalam laga persahabatan melawan India, 25 November mendatang di Manaus, ungkap Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).

"Dengan 233 penampilan untuk timnas, gelandang berusia 43 tahun itu akan kembali tampil di laga perpisahan bagi tim yang sangat dicintainya," ujar CBF dalam sebuah pernyataan resmi.

"Formiga adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Brasil," ujar koordinator timnas putri Brasil Duda Luizelli.

Baca juga: Kembali Masuk Pelatnas, Penantian Ezra Walian Berakhir

Formiga, yang meninggalkan Paris Saint-Germain, Juni lalu, dan bergabung dengan Sao Paulo hingga Desember 2022, merupakan satu-satunya pemain yang tampil di nomor sepak bola putri Olimpiade sebanyak tujuh kali.

Pesepak bola dengan nomor punggung 8 itu memenangkan dua medali perak Olimpiade, pada 2004 dan 2008 dan kembali menjadi starter di Olimpiade Tokyo 2020 saat Brasil kalah dari Kanada di babak perempat final.

Saat ditarik keluar di laga perempat final itu, Formiga digantikan oleh pemain yang berusia lebih muda 23 tahun dari dirinya.

Pemain yang memiliki julukan 'Si Semut' itu lahir di Miraildes Maciel Mota di Kota Salvador pada 1978.

Kala itu, perempuan bermain sepak bola adalah hal ilegal karena dianggap hal itu melanggar kodrat berdasarkan undang-undang 1941, yang akhirnya dicabut pada 1979.

Dia melakukan debutnya di timnas pada 1995, di usia 17 tahun.

Gelandang itu juga merupakan satu-satunya pesepak bola, baik putra maupun putri, yang tampil di tujuh Piala Dunia ( 1995, 1999, 2003, 2007, 2011, 2015, dan 2019).

Formiga juga memegang rekor untuk pemain terua yang tampil di Piala Dunia (41 tahun pada 2019) dan pencetak gol tertua di Piala Dunia (37 pada 2015). (AFP/OL-1)

Baca Juga

JAVIER SORIANO / AFP

Kroos Akui Liverpool Dalam Performa yang Solid

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:05 WIB
Pemain asal Jerman itu mengatakan, Liverpool saat ini dalam performa yang solid dan itu dapat menjadi salah satu faktor kunci yang membuat...
Andrew Medichini / POOL / AFP

Pemilik Klub Tawari Francesco Totti Jabatan di Manajemen AS Roma

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:34 WIB
Kehadiran keluarga Friedkin sebagai pemilik klub dan Jose Mourinho di posisi pelatih kepala akan membuat Totti memikirkan tawaran...
FRANCK FIFE / AFP

Klopp Janjikan Permainan Level Tertinggi Saat Hadapi Madrid

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:23 WIB
Pelatih asal Jerman itu menjelaskan, Liverpool akan berusaha membuat Real Madrid tidak nyaman pada pertandingan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya