Sabtu 03 Juli 2021, 10:48 WIB

Gol Tunggal Lucas Paqueta Antar Brasil ke Semifinal Copa America

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Gol Tunggal Lucas Paqueta Antar Brasil ke Semifinal Copa America

AFP/MAURO PIMENTEL
Para pemain Brasil merayakan kemenangan mereka atas Cile di laga perempat final Copa America.

 

LUCAS Paqueta mengantarkan Brasil ke semifinal Copa America 2021 setelah gol tunggalnya sukses menekuk Cile 1-0 di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (3/7) pagi WIB.

Cile sukses merepotkan Brasil sejak babak pertama dimulai dan mendominasi permainan hingga memaksa tuan rumah bertahan.

Cile mendapat peluang emas di menit kesepuluh melalui tendangan jarak jauh Sebastian Vargas, tetapi bola masih mengarah tepat ke jangkauan kiper Ederson Moraes.

Baca juga: Kalahkan Paraguay Lewat Adu Penalti, Peru ke Semifinal Copa America

Brasil balik mengancam lima menit berselang. Kali ini giliran Richarlison yang melakukan percobaan dari jarak jauh, sayangnya Claudio Bravo masih bisa menyelamatkan bola.

Tim tuan rumah nyaris mencetak gol di menit ke-22. Roberto Firmino menyambut umpan silang Neymar dengan tendangan voli yang belum menemui
sasaran.

Lima menit kemudian, Cile hampir memecah kebuntuan saat Vargas mengirim bola langsung ke gawang yang dimentahkan oleh Ederson.

Gabriel Jesus mendapat kans emas, dua menit sebelum babak pertama berakhir. Menerima umpan dari Neymar, penyerang Manchester City itu melepaskan tembakan yang masih bisa digagalkan Bravo.

Babak pertama ditutup dengan tanpa gol.

Brasil memulai babak kedua dengan baik setelah pemain pengganti Lucas Paqueta membobol gawang Cile di menit ke-48. Menerima bola sodoran Neymar, Paqueta mengecoh bek Cile sebelum membobol gawang Bravo.

Tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain, dua menit setelah mencetak gol. Gabriel Jesus diusir wasit akibat mengarahkan tendangannya ke Eugenio Mena.

Unggul jumlah pemain, Cile terus menggempur pertahanan Brasil. Mauricio Isla sempat mencetak gol di menit ke-62 usai menyambut tendangan bebas Charles Aranguiz.

Namun, hakim garis sudah terlebih dahulu mengangkat bendera tanda offside.

Charles Mena nyaris menyamakan kedudukan lima menit kemudian lewat bola tandukannya. Sayangnya, bola masih membentur mistar gawang Brasil

Kini giliran Jean Meneses memberikan ancaman pada menit ke-78 via bola sepakan tepat sasaran. Ederson kembali menyelamatkan gawang Brasil dengan menepis bola keluar lapangan.

Cile gagal mencetak gol penyeimbang hingga wasit meniup pluit akhir pertandingan. Laga berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Brazil.

Kemenangan itu membuat Brasil lolos ke semifinal Copa America 2021. Neymar dan kawan-kawan selanjutnya akan berhadapan dengan Peru pada fase empat besar. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/MIGUEL MEDINA

Leao Sebut Laga AC Milan Kontra Porto Bak laga Final

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:00 WIB
Kedua tim memasuki laga dengan catatan tanpa pernah menang di dua pertandingan sebelumnya dan sama-sama memburu tiga poin untuk menjaga asa...
AFP/Paul ELLIS

Klopp Pastikan Belajar Banyak dari Dua Pertemuan Terakhir dengan Atletico

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:45 WIB
Liverpool terakhir kali bertemu Atletico di babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 dengan The Reds kalah 0-1 di Wanda Metropolitano dan...
AFP/FRANCK FIFE

Pochettino: Laga PSG Kontra Leipzig Ditentukan Saat Kehilangan Bola

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 05:45 WIB
Juru taktik asal Argentina itu menegaskan baik timnya maupun Leipzig sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memelihara asa masing-masing...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya