Kamis 17 Juni 2021, 19:25 WIB

Jelang Laga Kontra Ceko, Kroasia Maksimalkan Lini Serang

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Jelang Laga Kontra Ceko, Kroasia Maksimalkan Lini Serang

AFP
Pemain Kroasia saat menjalani sesi latihan di tengah kompetisi Euro 2020.

 

KROASIA siap memaksimalkan lini serang pada laga melawan Republik Ceko di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, pada Jumat (18/6) malam WIB. Tidak ada pilihan bagi anak asuh Zlatko Dalic, selain memaksimalkan laga tersebut.

Pada laga pertama Grup D, mereka takluk dengan skor tipis 0-1 dari Inggris. Kroasia pun wajib memenangkan matchday kedua kontra Ceko, jika masih ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Zlatko Dalic, pelatih Kroasia, tidak memungkiri bahwa dalam pertandingan melawan Inggris, skuadnya kekurangan daya serang. Dalic menerapkan formasi 4-3-3 di laga tersebut, dengan trio Andrej Kramaric, Ante Rebic dan Ivan Perisic pada baris penyerangan. 

Baca juga: Ini Resep Sterling tetap Fokus selama Euro 2020

Rebic dijadikan ujung tombak, meski posisi aslinya adalah winger. Dalic kemungkinan melakukan perubahan untuk laga melawan Ceko. Namun satu hal yang pasti, Kroasia akan tampil habis-habisan. Sebab, pada saat yang sama, mereka tak boleh membiarkan Ceko menambah poin.

"Kami tidak bagus dalam menyerang, kami kurang mobilitas, kedalaman dan kemampuan untuk menemukan ruang. Melawan Belgia dan Inggris, kami sama di banyak area, kecuali dalam fase menyerang, yang mana kedua tim tertutup dengan sangat baik. Tapi secara taktik, kami bermain sangat baik," papar Dalic dikutip dari laman UEFA.

"Kami harus meningkatkan serangan. Tidak akan mudah melawan Skotlandia dan Ceko, tapi saya optimis. Karena melawan Belgia dan Inggris kami tidak menang, tetapi kami tidak hancur. Kami butuh kemenangan untuk memberikan kepercayaan diri. Satu kemenangan bagus, dengan satu atau dua gol, akan benar-benar membuka semangat kami," imbuhnya.

Baca juga: 40 Ribu Penonton bakal Meriahkan Semifinal dan Final Euro 2020

Di sisi lain, kubu Ceko juga ingin meraih kemenangan. Tambahan 3 poin dari pertandingan akan memastikan satu tempat bagi mereka di babak 16 besar. Namun, Ceko menyadari bahwa mengalahkan Kroasia tidak akan mudah. 

Runner-up Piala Dunia 2018 itu mempunyai lebih banyak pemain berbahaya, jika dibandingkan dengan Skotlandia. Contohnya, Luka Modric yang menjadi otak permainan Kroasia. Menghentikan kreativitas Modric akan menjadi kunci berhasil atau tidaknya Ceko di pertandingan nanti.

"Luka Modric adalah otak permainan Kroasia. Dia bisa mendapat banyak bola dan mencoba lepas dari kawalan pemain lawan. Namun, Kroasia juga tidak hanya tentang Modric, karena di sana ada banyak pemain hebat lainnya," kata bek Ceko Ondrej Celutska.(UEFA/OL-11)

 

Baca Juga

DOK RRI

Pertuni Minta RRI Siarkan Laporan Pandangan Mata Liga I dan 2

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:17 WIB
DEWAN Pengurus Pusat Persatuan Tuna Netra Indonesia (DPP Pertuni)  meminta Radio Republik Indonesia (RRI) untuk merealisasikan siaran...
Tolga Akmen / AFP

Ujian Konsistensi The Blues Berlanjut

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:23 WIB
Laga bertaraf derby London ini menjadi ujian konsistensi bagi skuad asuhan Thomas Tuchel dalam mempertahankan tren...
AFP

Carrick Mundur Dari MU Usai Menang atas Arsenal

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:40 WIB
MICHAEL Carrick memutuskan mundur dari Manchester United setelah membawa timnya menang atas Arsenal, Jum'at (3/12) dini hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya