Senin 14 Juni 2021, 13:07 WIB

Bermain Tanpa Penonton, Kolombia Tundukkan Ekuador di Copa America

Ilham Ananditya | Sepak Bola
Bermain Tanpa Penonton, Kolombia Tundukkan Ekuador di Copa America

AFP
Pemain Kolombia Yerry Mina (13) dan Baldomero Perlaza (16) selebrasi seusai taklukan Ekuador di Grup A Copa Amerika 2021, Minggu (14/6)

 

TIMNAS Kolombia membuka partisipasinya di ajang Copa America 2021 pada Minggu (13/6) lalu dengan kemenangan tipis 1-0 atas Ekuador di Grup A.

Los Cafeteros jauh dari meyakinkan dan outshot oleh tim Gustavo Alfaro, tetapi momen ajaib di babak pertama sudah cukup untuk mengamankan tiga poin, meskipun mereka membutuhkan Video Assistant Referee (VAR) pada akhirnya.

Edwin Cardona mencetak gol tiga menit menjelang turun minum ketika ia memulai dan menyelesaikan sebuah gerakan yang melibatkan sentuhan cekatan dari dua pemain lainnya.

Gol tersebut awalnya dianulir karena offside tetapi keputusan itu dibatalkan setelah ditinjau oleh VAR. Karena offside tetapi tinjauan VAR menunjukkan bahwa sementara tiga pemain Kolombia berada di luar garis pertahanan, Cardona dan Borja berada dalam posisi onside.

Sebuah tembakan bola bebas yang dieksekusi dengan sempurna, diselesaikan oleh gelandang Boca Juniors Edwin Cardona, memberikan tim Reinaldo Reuda kemenangan yang mereka butuhkan pada malam itu.

Awalnya disebut offside, tetapi VAR mengonfirmasi kepada wasit Nestor Pitana bahwa gol itu sah. Tembakan itu adalah salah satu bentuk bukti yang jelas dan nyata yang dari praktek berkali-kali di tempat latihan.

Mengeksekusi sebuah tembakan dalam pertandingan tentu lebih menantang, tetapi Kolombia membuatnya terlihat mudah dengan skuad yang bekerja sama secara apik untuk mencetak angka.

Kemenangan itu menempatkan Kolombia di tempat kedua di Grup A untuk sementara waktu dan juga menempatkan mereka dengan baik untuk maju ke perempat final.

Adapun Ekuador, yang seharusnya baik-baik saja dengan asumsi di atas kertas mereka bisa mendapatkan tiga poin pada pertandingan ketika mereka menghadapi Venezuela yang juga sedang bertanding.

Ekuador nyaris menyamakan kedudukan di babak kedua melalui Pervis Estupinan tetapi kiper Kolombia David Ospina dengan brilian melepaskan tendangan bebasnya yang mengenai tiang gawang.

Untuk laga selanjutnya rencananya, Kolombia akan bertanding melawan Venezuela di arena Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Brazil, pada Jumat (18/6) mendatang. Lalu Venezuela akan bertemu Ekuador pada Senin (21/6) mendatang di Stadion Nilton Santos. (OL-13)

Baca Juga: Di Laga Pembuka Copa America, Brasil Bungkam Venezuela

Baca Juga

Twitter @BorneoSMR

Borneo FC Jumpa PSS Sleman di Semifinal Piala Presiden

👤Ant 🕔Minggu 03 Juli 2022, 23:43 WIB
Borneo FC berhasil mengalahkan PSM Makassar dengan skor...
Antara

PSIS Tantang Arema di Semifinal Piala Presiden

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:22 WIB
Pada leg pertama Kamis (7/7), PSIS akan memainkan laga...
Twitter @psisofficial

Kalahkan Bhayangkara FC, PSIS Melaju ke Semifinal Piala Presiden 2022

👤Ant 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:56 WIB
Pertandingan kedua tim berakhir dengan drama adu penalti setelah selama 2X45 menit berakhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya