Rabu 02 Juni 2021, 08:46 WIB

Cedera, Szoboszlai Dipastikan Absen Bela Hongaria di Piala Eropa

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Cedera, Szoboszlai Dipastikan Absen Bela Hongaria di Piala Eropa

AFP/ATTILA KISBENEDEK
Gelandang Hongaria Dominik Szoboszlai

 

BINTANG Hongaria Dominik Szoboszlai dipastikan absen di Piala Eropa 2020 karena cedera perut. Hal itu diungkapkan pelatih Marco Rossi, Selasa (1/6), saat mengumumkan daftar 26 pemain yang akan tampil di Piala Eropa.

Gelandang berusia 20 tahun, yang dipandang sebagai pemain terbaik Hongaria dalam puluhan tahun, mengalami cedera setelah bergabung dengan klub Bundesliga RB Leipzig, Januari lalu, seharga 20 juta euro, tertinggi untuk pemain Hongaria.

Szoboszlai masih masuk dalam daftar 30 pemain Hongaria meski tidak pernah diaminkan RB Leipzig. Namun, dia gagal pulih tepat waktu menjelang Piala Eropa.

Baca juga: Southgate Targetkan Minimal Capai Semifinal Piala Eropa

"Kondisinya tidak baik," ujar Rossi saat memimpin latihan timnas Hongaria di Salzburg, Austria.

"Dia bahkan tidak bisa dimainkan sebagai pemain cadangan selama beberapa menit. Saya sangat kecewa karena tidak bisa memainkannya," imbuh pelatih asal Italia itu.

Bagi pendukung Hongaria yang memimpikan kembalinya masa kejayaan seperti era Magic Magyars yang dipimpin Ferenc Puskas, Szoboszlai dipandang sebagai juru selamat.

Didatangkan RB Salzburg di usia 16 tahun, Szoboszlai sukses bersinar di Austria, awalnya sebagai aktor pendukung bagi penyerang Norwegia Erling Braut Haaland sebelum kemudian menjadi andalan.

Dinobatkan sebagai pemain terbaik Ausria tahun lalu, Szoboszlai juga terpilih memenangkan penghargaan Golden Boy 2020, sebagai calon bintang Eropa.

Gelandang Hongaria itu disebut mirip Kevin de Bruyne karena kegemarannya melakukan tendangan bebas, gol jarak jauh, dan assist.

RB Leipzig sukses mengalahkan AC Milan dan Real Madrid untuk mendapatkan Szoboszlai. Bulan lalu, mereka memperpanjang kontrak Szoboszlai hingga 2026.

Absennya Szoboszlai merupakan pukulan bagi Hongaria, yang lolos ke Piala Eropa melalui babak playoff melalui gol telat Szoboszlai ke gawang Islandia.

Tim Magyars berada di Grup F bersama Portugal, Prancis, dan Jerman. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Antara

Kompetisi Elite Pro Academy Kembali Bergulir

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 15 Agustus 2022, 19:09 WIB
Jakarta dipilih sebagai lokasi turnamen usia remaja tersebut. PSSI berharap Elite Pro Academy 2022 bisa memunculkan bakat muda potensial...
ANTARA/Indrayadi TH

Persis Telan Kekalahan Keempat, Jacksen Ogah Mundur

👤Widhoroso 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:29 WIB
PERSIS Solo kembali menelan kekalahan pada pekan keempat Liga 1 2022/23, melawan Persita Tangerang, Minggu (14/8). Persis kalah...
KERSTIN JOENSSON / AFP

Muenchen Masih Perkasa di Pekan Kedua

👤Dhika kusuma winata 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:52 WIB
Muenchen meraih poin penuh usai menang 2-0 dari Wolfsburg di Allianz Arena, Minggu (14/8). Ini sekaligus menjadi clean sheet alias tanpa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya