Senin 21 Januari 2019, 21:54 WIB

Jokdri Siap Akomodir Keinginan KLB

Satria Sakti Utama | Sepak Bola
Jokdri Siap Akomodir Keinginan KLB

ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana/wpa/foc.

 

PELAKSANA Tugas (PLT) Ketua Umum PSSI Joko Driyono berikrar akan mengakomodir keinginan pemilik hak suara yang berniat melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

Hal ini ia sampaikan ketika dihubungi via sambungan telepon, Senin (21/1) malam.

"Saya secara pribadi menjalankan amanah statuta sekaligus harus melayani siapa pun dalam statuta itu pula. Termasuk jika ada inisiatif yang terakumulasj secara sah menginginkan KLB memilih Ketum baru. Itu hal yang normal," kata Joko.

Isu KLB memang tengah santer dimunculkan pasca Edy Rahmayadi memilih mundur dari kursi Ketua Umum PSSI.

Pengunduran diri Edy disampaikan saat memberikan sambutan pada Kongres Tahunan PSSI di Bali, Minggu (20/1). Ia mundur karena merasa gagal membawa PSSI lebih baik, apalagi fokusnya terbelah setelah terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara.

Kendati demikian, Jokdri, sapaan Joko menggarisbawahi keinginan KLB harus pula seusai dengan syarat administratif yang tertuang di statuta PSSI.

Baca juga : IB Mundur dari Arema FC, Fokus ke PSSI

Menurut pasal 30 poin 2 Statuta PSSI, Kongres Luar Biasa (KLB) digelar jika 50% anggota PSSI atau 2/3 dari pemilik hak suara membuat permohonan tertulis.

KLB harus digelar dalam waktu tiga bulan setelah permohonan itu diterima. Apabila KLB tidak digelar, anggota yang memintanya dapat menggelar kongres sendiri atau meminta bantuan FIFA.

Saat ini pemilik hak suara PSSI berjumlah 85 yang terdiri dari 34 Asprov (Asosiasi Provinsi), 18 klub Liga 1, 16 Klub Liga 2, 16 Klub Liga 3, dan satu tambahan dari Asosiasi Futsal (FFI).

"Itu tugas saya. Kalau KLB setiap saat boleh dilakukan asal syarat-syaratnya terpenuhi, inisiatif secara administratif juga terpenuhi. Jadi ini harus dilihat sebagai hal biasa, karena secara konstitusional telah diatur," imbuhnya.

Pria asal Ngawi, Jawa Timur itu menegaskan dirinya tidak ada tendensi untuk berusaha mempertahankan posisinya. Ia mengaku hanya ingin fokus menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai PLT Ketua Umum PSSI.

"Jangan sampai mengesankan kami di posisi ini mengurusi KLB mau mempertahankan kedudukan, tidak ada urusan itu. Pekerjaan saya mengeksekusi program dari kongres, sangat banyak. Dengan konsentrasi penuh saja belum tentu memenuhi harapan kita semua apalagi harus terbagi dengan isu ambisi politik keorganisasian," tutupnya. (OL-8)

Baca Juga

AFP

Dzeko Selamatkan Inter Milan dari Kekalahan Atas Venezia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:40 WIB
EDIN Dzeko berhasil menyelamatkan Inter Milan dari kekalahan atas Venezia dalam laga lanjutan Liga Italia 2021/2022, yang berlangsung di...
AFP

Atalanta Jauhi Juventus Meski Seri 0-0 Lawan Lazio

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:45 WIB
KENDATI hanya bisa seri 0-0 melawan Lazio dalam pertandingan Serie A Italia, Minggu dini hari tadi (23/1), Atalanta sedikit menjauhi...
AFP

Witan dan Egy Bawa FK Senica Raih Kemenangan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:45 WIB
PENAMPILAN bagus diperlihatkan duo timnas Indonesia yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya