Kamis 14 April 2022, 23:59 WIB

Hikmah Puasa Mengajak Hormati Perbedaan dan Jaga Kerukunan

mediaindonesia.com | Ramadan
Hikmah Puasa Mengajak Hormati Perbedaan dan Jaga Kerukunan

Ist
Dosen ATVI dalam bincang Teras LPPM spesial Ramadhan. H.Anshori.

 

PUASA  Ramadan 1443 H telah tiba dan memiilik kesempatan untuk meraih kemuliaan. Pasalnya di bulan suci ini memiliki kekhususan untuk memperoleh derajat yang tinggi yaitu takwa kepada Allah SWT.

Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT telah berfirman dalam Alquran "Hai orang orang yang berimana diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".( Albaqoroh 183 )

“Hikmah puasa begitu sangat dalam dan luas, menjaga diri untuk merasakan indahnya perbedaan dalam kebersamaan, saling menghormati saling menyayangi rukun dan damai dalam komunitas menuju kemuliaan,” ujar H.Anshori  SH, MH, dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI).

Penjelasanya disampaikan dalam  bincang “Teras LPPM ATVI Spesial Ramadhan”  bertema ‘Menyurutkan Ego, Membangun Kebersamaan dalam Bulan Suci’ yang ditayangkan via Channel Youtube Teras LPPM ATVI, Kamis malam (14/4).

Baca juga: Ciptakan Kebahagiaan Ramadan, Dusdusan Berbagi ke Panti Asuhan

Acara yang dipandu dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI),  drs. Reza Oktavian, MSi tersebut terselenggara atas kerja sama LPPM ATVI, Mastepedia.com. Taman Bacaan Masyarakat Bukit Duri Bercerita, dan didukung dua penerbit, Prenada Jakarta dan Mata Padi Yogya.

Menurut H. Anshori, kerukunan memiliki dimensi yang luas dan jenis yang berbeda beda sesuai konteknya yakni kerukunan hidup intern umat beragama, kerukunan hidup antarumat beragama, kerukunan hidup antarkolompok dan komunitas, dan kerukunan hidup antar bangsa

“Dalam mennjaga kerukunan hidup ada beberapa unsur yang sangat penting yaitu kesamaan tujuan, saling menghormati atas perbedaan baik individu maupun kelompok. Kecakapan dalam membangun kerja keras dan kerja waras,” ujar dosen yang mengajar di sejumlah universitas ini.

Lebih lanjut dikemukakan H. Anshori, manfaat yang dapat diperoleh atas kehidupan keberagaman yang indah adalah membawa masyarakat pada kemajuan, mudah membangun sikap bantu membantu dan menolong sesama mencegah masyarakat berlaku koruptif serta menjaga nilai nilai luhur dan ke gotong royongan.  

“Allah SWT sangat memerintahkan agar selalu  berbuat baik dan adil kepada siapapun  mendorong toleransi , tidak menyakiti,” katanya.

Ditegaskan lagi oleh H. Anshori, kerukunan hidup sangat ditekankan akan terwujudnya semangat membangun Ukhuwwah Islamiyah. Berpegang teguhlah pada tali Alloh dan janganlah kalian bercerai berai ( Ali Imron 103 ).

“Mari kita jadikan momentum di bulan puasa ini menjadi kekuatan bersama saling membangun ketaatan dan kekuatan tanpa membedakan status sosial golongan atau posisi kedudukan dan jabatan,”ujarnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 25 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN