Minggu 19 Maret 2023, 13:01 WIB

Kendaraan Listrik merupakan Industri Masa Depan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kendaraan Listrik merupakan Industri Masa Depan

DOK DPR RI
Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron.

 

GUNA mendukung transisi energi menuju pemanfaatan yang maksimal pada energi terbarukan, para pemangku kepentingan terus berupaya meletakkan pondasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan transisi BBM ke listrik pada kendaraan bermotor. Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron beranggapan industri kendaraan berbasis energi listrik merupakan industri masa depan.

"Ini adalah industri masa depan, meski saya belum dapat laporan keuangannya," ujar Herman saat Kunjungan Kerja Spesifik Panja Transisi Energi ke Listrik Komisi VI DPR RI ke PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) yang mempunyai bisnis inti sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang industri otomotif dan perakitan otomotif, di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/3/2023).

Menurut Politisi dari Fraksi Demokrat ini, Indonesia ke depan harus meletakkan pondasi terhadap kebutuhan berbagai energinya, yang berbasiskan energi baru terbarukan. Meskipun demikian dia berharap, peralihan ini tidak hanya pada kendaraan saja tapi juga alat rumah tangga. "Peralihan ini bukan hanya pada alat transportasi tapi juga alat rumah tangga, dari gas LPG ke kompor induksi," ungkap Herman.

Baca Juga: Gobel: Harus Cari Cara agar Pemuda Tertarik Bertani

Dari sisi pemanfaatan energi, dunia masih sangat tergantung terhadap energi tak terbarukan alias energi fosil. Masifnya penggunaan energi fosil membuat bumi diracuni polusi, lingkungan rusak akibat limbah yang dihasilkan, dan emisi gas rumah kaca meningkat. Oleh karena itu, pengembangan energi terbarukan sangat penting untuk ditingkatkan dan terus digaungkan akhir-akhir ini.

Ada banyak alasan mengapa energi terbarukan harus dikembangkan dan dimanfaatkan secara luas. Alasannya adalah ketersediaannya yang melimpah, tidak menghasilkan polusi serta emisi karbon, dan membuat masyarakat mandiri dalam mengupayakan energi sendiri. (S-1)

Baca Juga

MI/Briyanbodo Hendro

Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Cawapres Terkuat dari Kalangan NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 Maret 2023, 20:54 WIB
Erick yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Anggota Kehormatan Banser, berdasarkan sejumlah survei, merupakan kader NU dengan...
DOK.DPR.GO.ID

Soroti Putusan Tehadap Partai Prima, Komisi II DPR Segera Panggil Bawaslu

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 Maret 2023, 20:50 WIB
Putusan Bawaslu ini akan menjadi preseden buruk dan berpotensi munculnya gugatan lain ke Bawaslu dari partai lain yang telah dinyatakan...
Dok. MI

KPU Dinilai Lamban Tangkal Isu Penundaan Pemilu

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 21 Maret 2023, 20:08 WIB
"Kami merasa respons kelembagaan dari penyelenggara pemilu seperti KPU tidak secepat embusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya