Selasa 28 Februari 2023, 15:20 WIB

Presiden Optimistis Indonesia Jadi Pusat Industri Hijau

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Optimistis Indonesia Jadi Pusat Industri Hijau

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo memastikan Indonesia akan menjadi pusat industri hijau dunia jika bisa membangun Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) dengan baik.

Kawasan dengan total luas lahan 13 ribu hektare itu didesain khusus untuk basis produksi berbagai barang yang berkaitan dengan produk-produk hijau atau berkelanjutan, seperti baterai kendaraan listrik.

Tidak hanya pada hasil akhir, KIPI juga menggunakan sumber energi baru terbarukan di sisi hulu. Dengan demikian, proses pengerjaan dan barang yang dihasilkan dapat diklaim berkelanjutan atau ramah lingkungan.

"Kalau ini terealisasi dengan baik, semua pasti akan berbondong-bondong ke sini. Industri apapun yang berkaitan dengan produksi hijau pasti akan menengok ke kawasan ini," ujar Jokowi saat meninjau KIPI di Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (28/2).

Baca juga: Serahkan SK Hutan Sosial, Presiden: Manfaatkan untuk Kesejahteraan

Ia pun memastikan akan terus mengawal proses pembangunan kawasan yang akan menjadi industri hijau terbesar di dunia itu.

"Ini akan kita ikuti terus perkembangannya dari hari ke hari, dari bulan ke bulan sehingga tidak meleset dari jadwal yang ditentukan. Ini adalah masa depan Indonesia ada di sini," tuturnya.

Selain untuk pusat produksi baterai kendaraan listrik, KIPI juga akan menjadi pabrik petrokimia dan aluminium.

Adapun, sumber tenaga bagi seluruh pabrik di sana nantinya akan berasal dari air yang mengalir di Sungai Kayan.

"Memang masih perlu transisi, perlu ada transisi, tidak langsung ke energi hijau. tapi dengan didukung renewable energy, hydropower dari Sungai Kayan, barang yang dihasilkan akan kompetitif. Produk hijau inilah yang akan menjadi kekuatan Indonesia," jelas Jokowi. (OL-17)

Baca Juga

Medcom/Fachri Audhia Hafiez

Rekomendasi Nama Cawapres Dikonsulkan dengan Anies dan Pimpinan Parpol

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 28 Maret 2023, 11:30 WIB
Seluruh figur bakal cawapres yang direkomendasikan akan dibahas dengan anis Baswedan dan para pimpinan parpol Koalisi Perubahan untuk...
Antara

Pengamat: KPK Jangan Berhenti Di Kasus Tukin Ditjen Minerba ESDM

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Maret 2023, 11:20 WIB
"KPK jangan berhenti di penyidikan Ditjen Minerba, harus usut serius keterlibatan oknum BPK lainya," kata Direktur Eksekutif CERI...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Firli Tegaskan Komitmen Konsisten Hingga Akhbir Masa Jabatan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 28 Maret 2023, 10:52 WIB
Firli mengatakan penanganan perkara yang memenuhi aturan berlaku menjadi harga mati. Dia tidak mau mewariskan masalah kepada komisioner...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya