Kamis 26 Januari 2023, 16:38 WIB

Sidang 4 Tersangka Kasus Narkoba Dimulai, Teddy Minahasa tak Jadi Saksi

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Sidang 4 Tersangka Kasus Narkoba Dimulai, Teddy Minahasa tak Jadi Saksi

Ilustrasi
narkoba

 

PENGADILAN Negeri Jakarta Pusat telah memulai sidang perkara penyalahgunaan narkoba empat tersangka yang juga berada dalam lingkaran kasus Mantan Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Teddy Minahasa.

Keempat tersangka tersebut adalah Hendra, Mai Siska, Aril Firmansyah alias Abeng dan Aipda Achmad Darmawan. Dari pengembangan kasus keempat tersangka ini, kepolisian kemudian menangkap Teddy Minahasa serta lima anggota kepolisian lainnya termasuk Kapolsek Kali Baru Kasranto.

Menurut Kasi Intel Kejari Jakpus Bani Immanuel Ginting, sidang perkara keempat tersangka sudah dimulai pekan lalu.

"Sudah mulai pekan lalu. Pekan ini sudah mulai memanggil saksi," kata Bani saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (26/1).

Bani melanjutkan, sidang bakal digelar setiap Kamis. Meskipun masih berada dalam lingkaran kasus penyalahgunaan narkoba Teddy Minahasa, Mantan Wakapolda Lampung itu tidak akan dipanggil untuk menjadi saksi.

Penyebabnya adalah lokus kasus keempat tersangka yang berbeda dengan Teddy.

"Kami tidak kejar ke situ. Jadi nanti akan berhenti di mantan Kapoksek Kali Baru saja. Dia nanti akan dipanggil. Dia sendiri sudah terdakwa," ujar Bani.

Baca juga:  Kasus Narkoba Teddy Minahasa Mulai Disidang 2 Februari

Begitupun dengan di persidangan Teddy nanti, keempat terdakwa tidak akan dipanggil menjadi saksi. Persidangan kasus Teddy Minahasa rencananya akan dimulai pada 2 Februari. Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menyerahkan berkas kasus Teddy ke PN Jakarta Barat pada Rabu (25/1).

Sebelumnya, Mantan Kapolda Sumbar yang saat itu baru ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Timur Teddy Minahasa ditangkap karena kasus narkoba. Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kasus ini berawal dari pengungkapan terhadap peredaran gelap narkoba oleh Polda Metro Jaya.

"Berawal dari laporan masyarakat saat itu ditangkap tiga orang sipil, kemudian dilakukan pengembangan ternyata mengarah dan melibatkan anggota polisi berpangkat Bripka dan Kompol dengan jabatan Kapolsek," kata Listyo dalam keterangan resminya di Mabes Polri, Jumat, 14 Oktober 2022.

Teddy diduga mengedarkan barang bukti narkoba berupa sabu saat masih menjadi Kapolda Sumbar. Teddy pun sah menjadi tersangka dan ditahan mulai 24 Oktober 2022.(OL-5)

Baca Juga

MI/HO

KUHP Baru Wujud Nilai Ke-Indonesia-an dalam Wajah Hukum Pidana

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:15 WIB
KEBERHASILAN Pemerintah dan DPR menyusun dan mengundangkan KUHP baru merupakan prestasi yang layak dicatat dengan tinta emas dalam sejarah...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Ini Arti Semboyan TNI AL, Jalesveva Jayamahe

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:15 WIB
Jalesveva Jayamahe merupakan kata yang diambil dari bahasa Sansekerta, yang terdiri dari tiga jumlah kata, yaitu jalesu, eva, dan...
MI/Susanto

Terkait Kasasi Kasus Indosurya, KSP Ingatkan MA soal Nasib Korban Investasi Bodong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 03:36 WIB
"Kita mengimbau rasa keadilan di masyarakat itu harus dilihat secara komperhensif supaya keadilan bisa dirasakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya