Senin 16 Januari 2023, 23:33 WIB

Kata Eks TGIPF Soal Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Kata Eks TGIPF Soal Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan

Dok TGIPF
Akmal Marhali

 

MANTAN anggota TGIPF Akmal Marhali menyebut proses hukum Tragedi Kanjuruhan belum menyeluruh dan masih jauh dari penuntasan yang memberikan keadilan kepada korban serta keluarga. Hal itu disampaikannya menanggapi sidang perdana Tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri Surabaya untuk lima terdakwa.

Lima terdakwa yakni Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris dan Security Officer Suko Sutrisno, serta tiga polisi Danki 3 Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, menghadapi dakwaan tentang kelalaian yang menyebabkan kematian dan luka berat.

Kelimanya didakwa dakwaan pertama Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP serta dakwaan kedua Pasal 103 ayat 1 juncto Pasal 52 UU tentang Keolahragaan.

Menurut Koordinator Save Our Soccer itu, proses kepada anggota polisi sebenarnya potensial tak sebatas kelalaian.

"Kalau buat Abdul Haris dan Suko Sutrisno pasal kelalaian masuk. Yang enggak masuk buat penembak (gas air mata). Apakah tiga polisi ini yang menembakkan kemudian bisa dikembangkan. Harus melihatnya kasus per kasus untuk lima terdakwa saat ini," ujar Akmal ketika dihubungi, Senin (16/1).

Menurut dia, pengusutan kasus semestinya mampu mengarah ke Pasal 338 atau Pasal 340.

Ia juga menyayangkan pengusutan tak komprehensif lantaran Polda Jatim tak mampu menyelesaikan berkas perkara eks Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita. Akhmad Lukita sebelumnya dikeluarkan oleh Polda Jatim karena masa penahanannya habis sedangkan berkasnya tak rampung.

"Untuk Hadian Lukita ini karena tidak profesional saja. Tersangka sudah ditahan 60 hari berkasnya enggak selesai juga," imbuhnya. (OL-8)

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya