Sabtu 14 Januari 2023, 22:40 WIB

Pemilu 2024 Harus Jaga Persatuan Bangsa

Dinda Shabrina | Politik dan Hukum
Pemilu 2024 Harus Jaga Persatuan Bangsa

DOK MI
Ilustrasi

 

PENYELENGGARAAN pemilu 2024 jangan menggunakan narasi perpecahan dan memecah belah bangsa. Seluruh elite politik dan masyarakat harus bersama-sama menjaga persatuan bangsa pada pemilu mendatang.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Ujang Komarudin. Ia menilai Deklarasi Damai Umat Beragama yang digaungkan oleh berbagai tokoh agama di Indonesia, menjadi langkah positif untuk merajut kembali persatuan bangsa yang dulu sempat terkoyak akibat polarisasi pada pemilu 2019.

"Kita berkaca pada pengalaman 2019 di mana masyarakat terpolarisasi dan terpecah hingga saat ini. Luka (polarisasi) ini belum kering, jangan sampai luka yang belum kering di masyarakat kita, lalu ditambah lagi 2024 diisi oleh narasi perpecahan. Ini tidak boleh," ujar Ujang, Sabtu (14/1).

"Jadi sudah semestinya dan seharusnya tokoh agama menjaga kondusivitas, melakukan tugasnya untuk mengajak umat taat pada aturan undang-undang. Sekaligus juga taat pada aturan agama. Kan aturan agama juga melarang untuk memecah belah bangsa. Bahkan agama menganjurkan untuk menjaga negara ini, bangsa ini agar aman, damai tenteram, agar semua sejahtera," tambahnya.

Dosen Universitas Al-Azhar itu juga menyampaikan Deklarasi Damai Umat Beragama menjadi momentum untuk menggandeng semua pihak. Bukan hanya tokoh agama untuk terus menjaga kerukunan di tengah perbedaan, termasuk perbedaan pandangan politik.

"Jadi ke depan sebagai anak bangsa harus solid dalam konteks menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Tidak ada yang bisa kita lakukan selain menjaga, bukan hanya tugas tokoh agama, tapi kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga bangsa ini agar bisa bersatu, tetap kokoh dan menjadi negara yang solid, tidak terpecah," pungkas dia. (OL-15)

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Kembalikan Aset Negara sebesar 575,74 miliar pada 2022

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:35 WIB
Aset hasil korupsi yang berhasil dikembalikan KPK kepada negara pada tahun 2022 lebih besar dari jumlah aset yang dikembalikan pada tahun...
ANTARA/Putu Indah Savitri

Mahfud MD Apresiasi Tuntutan Penjara Seumur Hidup Surya Darmadi

👤Putra Ananda 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:30 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD mengapresiasi tuntutan penjara seumur hidup yang disampaikan jaksa penuntut umum kepada bos PT Duta Palma Group...
Dok.Polri

Polri Sebut Anton Gobay Merupakan Seorang Pengangguran

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:29 WIB
Kadiv Hubinter Polri Irjen Krisna Murti hal tersebut terungkap saat pihaknya menjalin komunikasi dengan Kepolisian dan Intelejen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya