Kamis 12 Januari 2023, 16:30 WIB

Wapres Perintahkan Aparat Keamanan Lebih Tegas Atasi KKB di Papua

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres Perintahkan Aparat Keamanan Lebih Tegas Atasi KKB di Papua

MI/Emir Chairullah
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin memerintahkan aparat keamanan untuk bersikap lebih tegas dalam menangani aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Aparat keamanan TNI-Polri diminta untuk lebih siap di lapangan demi menjaga dan melindungi masyarakat yang tinggal di Papua.

“Itu yang kami minta ke pihak pengamanan. Jadi tidak dibiarkan begitu, tidak dilepas, tetapi diperketat,” kata Ma’ruf usai Rapat Komisi Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional di Istana Wapres, Kamis (12/1).

Lebih lanjut Ma’ruf mengakui, kondisi keamanan di Papua hingga saat ini belum kondusif. Terutama, tambah Ma’ruf, sejumlah wilayah di Pegunungan Tengah yang kerap kali mengalami aksi kekerasan.

Baca juga: Pembekuan Keuangan Papua Masksimal Berlangsung 20 Hari Kerja

“Terutama di daerah pegunungan. Jadi ini kami minta supaya ada langkah-langkah lebih tegas untuk pertama melindungi masyarakat dari gangguan KKB (kelompok bersenjata),” tegasnya.

Ma’ruf berharap aparat keamanan bisa mengawal masyarakat dengan lebih ketat. Tentu menangkap kalau mereka melakukan gangguan, pengerusakan, atau pembakaran,” pungkas Ma'ruf.

Sebagaimana diketahui, milisi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM setidaknya dalam sepekan ini melakukan 4 aksi penembakan dan pembakaran di sejumlah wilayah di Papua. Dimulai dengan klaim aksi penembakan aparat Polri di Yahukimo pekan lalu, sejak awal pekan ini milisi TPNPB melakukan pembakaran bangunan sekolah dan kantor Disdukcapil serta menembakan pesawat sipil Trigana Air di Oksibil, Pegunungan Bintang. (P-5)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO BRONTO

Nikita Mirzani Dilaporkan Polisi Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:52 WIB
Dugaan tersebut dilakuan oleh Nikita saat melakukan live streaming pada akun Instagramnya...
MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya