Rabu 04 Januari 2023, 21:07 WIB

Penerbitan Perppu Ciptaker Membahayakan Demokrasi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Penerbitan Perppu Ciptaker Membahayakan Demokrasi

DOK MI
Ilustrasi

 

PENERBITAN Peraturan Pemerintah Pengganti Undang -Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) dinilai membahayakan praktik demokrasi. Pakar Hukum Tata Negara Unviersitas Gadjah Mada Zainul Arifin Mochtar menilai Perppu Ciptaker tidak memenuhi syarat kedaruratan penerbitan Perppu.

"Pemerintah sengaja mendaruratkan sesuatu yang tidak darurat. Ini ironi demokrasi karena salah satu ironi demokrasi adalah kedaruratan," ungkap Zainul saat dihubungi di Jakarta, Rabu (4/1).

Dengan mengatasnamakan kedaruratan pemerintah secara sepihak dan sengaja telah mengabaikan standar demokrasi dalam porses pembuatan UU yang harus melibatkan publik. Penerbitan Perppu Ciptaker merupakan cara pemerintah mensiasati perbaikan UU Ciptaker sebagaimana yang ada dalam putusan MK.

"Saya rasa ini akalan-akalan saja dalam melaksanakan putusan MK untuk memperbaiki UU Ciptaker yang bermasalah dengan keterlibatan dan partisipasi publik. Pemerintah sengaja menerbitkan Perppu untuk menimbulkan kesan darurat sehingga tidak berkewajiban melibatkan unsur partisipasi," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja alias Perpu Cipta Kerja pada 30 Desember 2022.Terbitnya Perppu ini menggantikan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh MK. (OL-15)
 

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya