Sabtu 29 Oktober 2022, 09:45 WIB

JK Harap Cawapres Anies Sosok Berpengalaman

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
JK Harap Cawapres Anies Sosok Berpengalaman

ANTARA/Darryl Ramadhan
Capres untuk Pemilu 2024 Anies Baswedan

 

MANTAN Wakil Presiden sekaligus tokoh Partai Golkar Jusuf Kalla menyimpan harapan agar Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi presiden. Ia pun buka suara terkait kriteria sosok calon wakil presiden yang pantas mendampingi Anies pada Pemilu 2024.

JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, mengatakan sebaiknya sosok cawapres Anies adalah orang yang berpengalaman. Ia pun meminta agar dalam memilih cawapres untuk Anies, semua pihak tidak terpaku hanya dari popularitas maupun elektabilitas. 

Hal itu ia sampaikan saat ditanya awak media usai acara hari ulang tahun Kalla Grup di Ball Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (28/10) malam. Dalam acara tersebut Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan.

Baca juga: Pengamat: Sikap NasDem Independen, tidak Perlu Baper dalam Berpolitik

"Begini, yang kita harapkan memilih, jangan, bukan nama. Bukan siapa. Tapi masih kita bisa bikin suatu kriteria yang baik dulu. tawarkan ke masyarakat. Pertama tentu apa yg kita inginkan? Pemimpin yang dapat membawa bangsa ini maju makmur dan adil. itu dulu. Setuju kan?" ungkap JK.

"Nah, kedua, karena itu pemimpin harus ada kriterianya. Pemimpin bangsa yang besar ini, 270 juta penduduk pertama leadership harus kuat. Punya kemampuan, punya pengalaman karena kalau tidak punya pengalaman, tingkat kecerdasan kemampuan yang cukup baik, tidak perlu terlalu pintar tapi tingkat intelektualnya baik. Ketiga, track record baik," sambung JK.

Ia pun meminta parpol yang mendukung Anies agar lebih dulu mengutamakan kriteria tersebut barulah bisa memilih orang yang tepat yang memiliki kriteria tersebut.

Berbagai nama pun muncul disandingkan dengan Anies oleh lembaga-lembaga survei seperti Sandiaga Uno, Erick Tohir, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ahmad Heryawan atau Aher.

"Pokoknya rakyat yang menilai. Satu suara (dari) saya, butuhkan minimum 100 juta. Biar 200 juga ini yng nentukan pilihannya berdasarkan kriteria objektif," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Ini Anggaran yang Disiapkan KPU untuk Pasukan Jagat Saksana

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:54 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno menerangkan seluruh anggaran dari sisi sarana-prasarana, seperti motor hingga...
MI/RAMDANI

Tokoh Pendidikan dan Lintas Agama Deklarasi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:23 WIB
Tokoh pendidikan Indra Charismiadji selaku juru bicara Laskar Aman menuturkan, relawan ini merupakan organik dan bukan...
ANTARA

Erick Thohir Didukung Berbagai Segmen Masyarakat Untuk Jadi Cawapres

👤Widhoroso 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:46 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir memiliki pendukungan di berbagai segmen masyarakat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya