Rabu 07 September 2022, 11:26 WIB

Presiden: Pemda Harus Antisipasi Lonjakan Inflasi

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Pemda Harus Antisipasi Lonjakan Inflasi

ANTARA
Presiden RI Joko Widodo.

 

Presiden Joko Widodo menyebut penaikan harga BBM subsidi dan nonsubsidi jenis pertamax akan berkontribusi pada lonjakan inflasi hingga 1,8%.

Dengan tambahan tersebut, Kementerian Keuangan memproyeksikan tingkat inflasi tahun ini bisa menyentuh 6,8%.

"Memang momok semua negara itu pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Berapa pertumbuhan inflasi akibat penyesuaian subsidi BBM yang sudah kita umumkan minggu lalu. Hitung-hitungan dari menteri-menteri akan naik di 1,8%," ujar Jokowi dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (7/9).

Kepala negara percaya dengan angka tersebut, namun ia juga meyakini bahwa laju inflasi akibat penaikan BBM bisa ditekan lebih rendah lagi.

Syaratnya, semua pihak, mulai dari pemerintah pusat dan daerah harus bekerja secara luar biasa untuk melakukan berbagai terobosan.

"Angka 1,8% itu muncul kalau kita diam. Saya tidak mau diam. Kita harus intervensi. Intervensi lewat apa? Daerah harus bergerak seperti saat menangani covid-19 kemarin," jelas mantan wali kota Solo itu.

Pemerintah kabupaten, kota dan provinsi, sambung Jokowi, diminta memanfaatkan sebesar 2% dari DAU untuk keperluan bantuan sosial dan belanja tidak terduga.

"Belanka tidak terduga bisa untuk mengatasi inflasi dengan cara apa? Tutup selisih biaya transportasi, tutup biaya distribusi dari yang ada di lapangan," sambung Jokowi.

Ia mengakui pernah menerapkan strategi tersebut saat masih menjabat sebagai kepala daerah. Kala itu, harga bawang merah naik akibat melonjaknya biaya transportasi.

Jokowi langsung mengeluarkan anggaran untuk memberi subsidi biaya transportasi. Artinya, pelaku usaha logistik hanya mengeluarkan biaya dengan tarif normal, adapun, selisihnya ditanggung pemerintah daerah.

"Kalau semua pemda seperti itu, saya yakin inflasi kita terjaga baik," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Indrayadi

KPK Belum Dapatkan Informasi Sahih Terkait Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:57 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sampai saat ini belum mendapatkan informasi yang sahih soal kondisi kesehatan Gubernur Papua...
MI/Susanto

CSIS Rilis Survei Milenial dan Gen Z Unggulkan Ganjar Pranowo

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:05 WIB
Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah merilis hasil survei di mana pemilih milenial dan generasi Z...
Dok. BPIP

Kepala BPIP : Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 21:39 WIB
“Kita adalah bangsa yang paling diridhoi, dicintai, dikasihi oleh Allah SWT. Tinggal lakukan 2 hal. Bersyukur dengan memperkuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya