Kamis 21 Juli 2022, 15:25 WIB

Wacana Kampanye di Kampus, Legislator: Tak Usah Khawatir Dipolitisasi 

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Wacana Kampanye di Kampus, Legislator: Tak Usah Khawatir Dipolitisasi 

Dok NasDem
Anggota Komisi II DPR Aminurokhman

 

ANGGOTA Komisi II DPR Aminurokhman menilai wacana kampanye di kampus yang dilontarkan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, tidak perlu dikhawatirkan. Sempat ada kekhawatiran wacana itu membuat lembaga pendidikan dipolitisasi dengan kegiatan sosialisasi visi dan misi kandidat pemilu itu.

"Tidak perlu khawatir banyak pihak kalau kampus ini nanti dipolitisasi," kata anggota Komisi II DPR Aminurokhman saat dihubungi, Kamis (21/7).

Politikus Partai NasDem itu menilai tidak mudah mempolitisasi kampus menjelang pemilu. Sebab, civitas akademika, terutama mahasiswa memiliki idealisme yang kuat. Mereka diyakini akan lebih realistis. Visi dan misi para kandidat dipastikan bakal menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pilihan.

"Mereka tidak mudah untuk diintervensi karena mereka memiliki idealisme. Mereka akan menentukan pilihan politik itu berdasarkan rasionalitas, idealisme mereka," ungkap dia.

Baca juga: Kampanye di Kampus Bagus untuk Menguji Kontestan Pemilu

Selain itu, kampanye di kampus dinilai sebagai salah bentuk edukasi politik kepada para mahasiswa. Menurut Aminurokhman, mereka harus melek terhadap politik.

"Ketika mahasiswa tidak mengenal visi misi politik tentu ini akan menimbulkan sikap apatis dan acuh terhadap dunia politik. Tentu ini akan sangat mengkhawatirkan karena bangsa ini ke depan akan diisi oleh mereka," sebut dia.

Aminurokhman pun menyambut baik wacana kampanye di kampus. Dia berharap hal itu diwujudkan pada Pemilu 2024 mendatang. "Jadi kalau Ketua KPU (Hasyim Asy'ari) mengizinkan tentu saya sangat mendukung karena bagaimanapun juga hubungan kampus ini bagian dari generasi bangsa yang memiliki kapasitas untuk berpikir tentang demokrasi," ujar dia.

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pastikan belum Terkendala Usai Ditinggal Lili Pintauli

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:15 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya tidak bisa mengintervensi pemerintah maupun DPR soal pergantian Lili. KPK tidak bisa mencampuri urusan...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pantau Kelanjutan Pengusutan TPPU Setnov di Bareskrim

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:00 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya punya kewenangan memantau kasus itu. KPK juga punya kewenangan membantu atau mengambil perkara itu dari...
ANTARA/Reno Esnir

KPK Sebut Bupati Mamberamo Kabur ke Papua Nugini

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 08:45 WIB
KPK menetapkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya