Selasa 19 Juli 2022, 11:07 WIB

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Bogor

Basuki Eka Purnama | Politik dan Hukum
Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Bogor

ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta di Istana Bogor.

 

PRESIDEN Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7).

Presiden Jose Manuel Ramos-Horta tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 9.54 WIB. Kehadiran Presiden Timor Leste di Istana Kepresidenan Bogor disambut dengan rangkaian upacara penyambutan resmi kenegaraan.

Kedatangannya memasuki Istana Bogor dikawal barisan pasukan marching band, pasukan berkuda, dan pasukan yang mengenakan baju adat Indonesia.

Baca juga: Usai Melayat, Ibu dan Anak Asal Atambua Dideportasi dari Timor Leste

Presiden Jose Ramos-Horta disambut langsung oleh Presiden Jokowi di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Prosesi penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan yakni diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara serta 21 dentuman meriam, kemudian pemimpin kedua negara memperkenalkan delegasi masing-masing yang ikut mendampingi.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, setelah itu, Presiden Jokowi akan mengajak Presiden Jose Ramos-Horta menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu.

Presiden Jokowi mengajak Presiden Jose Ramos-Horta melakukan penanam pohon di halaman belakang Istana Bogor sebelum keduanya melakukan perbincangan santai di beranda belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Selanjutnya, kedua pemimpin akan melakukan pertemuan tatap muka, melakukan pertemuan bilateral, menyaksikan penandatanganan naskah nota kesepahaman, dan melakukan pernyataan pers bersama.

Prosesi penyambutan Presiden Jose Ramos-Horta akan ditutup jamuan santap siang kenegaraan.

Kunjungan Presiden Jose Ramos-Horta ke Indonesia ini merupakan yang pertama sejak dilantik sebagai Presiden Republik Demokratik Timor Leste pada 20 Mei 2022, atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Timor Leste.

Presiden RI Joko Widodo, sebelumnya, menugasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk menghadiri pelantikan Presiden Jose Ramos-Horta di Dili, sekaligus menyerahkan surat ucapan selamat dari Presiden RI Joko Widodo atas pelantikan Jose Ramos-Horta sebagai presiden kelima Republik Demokratik Timor Leste periode 2022- 2027. (Ant/OL-1)

Baca Juga

DOK METRO TV

Pengangkatan 17 Eks Koruptor jadi ASN Melawan UU

👤 Indriyani Astuti 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:16 WIB
Rencana untuk kembali mengangkat 17 ASN tersebut atas alasan kemanusiaan menurutnya tidak berdasar ataupun mempunyai landasan hukum yang...
Dok TPNPB-OPM

TPNPB Ancam Serang Proses Pembangunan Infrastruktur di Nduga

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:12 WIB
TPNPB menegaskan, musuh utama masyarakat Papua di kawasan Nduga adalah pembangunan yang mematikan warga...
MI/Adam Dwi

Kejagung Teliti Berkas Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:36 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD meminta agar Kejagung memiliki semangat yang sama dengan Polri dalam mengusut kasus pembunuhan Brigadir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya