Sabtu 11 Juni 2022, 17:10 WIB

Kinerja Moncer dan Elektabilitas, Erick Dinilai Rising Star

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kinerja Moncer dan Elektabilitas, Erick Dinilai Rising Star

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir

 

NAMA Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai pantas disebut sebagai rising star pada Pilpres 2024. Hal tersebut melihat torehan keberhasilannya di BUMN serta elektabilitasnya yang melambung tinggi.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Hotman Siahaan mengatakan, hal itu terlihat dari jejak kerjanya yang progresif serta mencuatnya elektabilitas Erick Thohir.

“Saya setuju. Erick Thohir ini memang rising star dalam kontestasi calon presiden dan calon wakil presiden 2024,” ujar Hotman.

Hotman mengatakan sebetulnya Erick Thohir merupakan figur baru dalam perpolitikan Indonesia. Namun elektabilitasnya mampu mengalagkan sejumlah tokoh yang sudah berkecimpung lama di dunia politik.

Bahkan nama-nama ketua parpol juga tersalip oleh Eks Presiden Inter Milan itu. Hotman mengatakan hal tersebut merupakan bukti jika Erick Thohir adalah sosok rising star di Pilpres 2024.

“Erick Thohir muncul belakangan dibanding tokoh-tokoh politik bahkan ketua parpol yang sudah berwacana untuk maju dalam kontestasi. Tapi Erick Thohir mencuat tinggi melambung melewati elektabilitas tokoh-tokoh politik yang sudah lama muncul,” kata Hotman.

Sebelumnya pada survei Poltracking Indonesia, di hasil survei simulasi 10 nama, Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 12.4% sebagai cawapres Indonesia selanjutnya. 

Dengan elektabilitas 12.4% Erick Thohir unggul dari Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum Golkar Airlangga Hartato dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam angka, perolehan elektabilitas dalam simulasi surat suara 10 nama adalah Agus Harimurti Yudhoyono 11.7%, Airlangga Hartarto 4.5% dan Muhaimin Iskandar 0.7%. Dengan demikian, Erick Thohir berada di posisi ke dua cawapres potensial Indonesia di belakang Menparekraf Sandiaga Uno. (Ant/OL-8)

Baca Juga

MI/Susanto

Polri Evaluasi Kesehatan Fisik dan Psikologis Putri Candrawathi

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 September 2022, 17:00 WIB
Polri saat ini fokus melakukan evaluasi mengenai kesehatan Putri Candrawathi, baik kesehatan fisik maupun psikologis, untuk mengambil...
Dok MI

1.290 Nama Dicatut Sipol, KPU: Tugas Parpol yang Perbaiki

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 27 September 2022, 16:58 WIB
Tercatat, ada 1.290 aduan masyarakat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang tercantum namanya di Sipol...
ANTARA FOTO/Frans/JJ

Isu Jokowi jadi Cawapres, PDIP: Presiden Punya Martabat

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 27 September 2022, 16:48 WIB
PDIP yakin Jokowi tak ingin menjadi cawapres. Meski Presiden Ketujuh Indonesia itu belum menyampaikan sikap terkait wacana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya