Kamis 31 Maret 2022, 11:05 WIB

Dalam Sampaikan Aspirasi, Mahasiswa Diminta Mengedepankan Dialog Substantif

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Dalam Sampaikan Aspirasi, Mahasiswa Diminta Mengedepankan Dialog Substantif

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi Jakarta berunjuk rasa tolak penundaan Pemilu 2024 di depan Tugu Reformasi Trisakti, Jakarta.

 

DIREKTUR Eksekutif Nasional Progressive Democracy Watch (Prodewa), Fauzan Irvan, memberikan pendapat terkait masifnya pergerakan mahasiswa di saat situasi pandemi saat ini. 

Fauzan menilai gerakan mahasiswa saat ini harus merubah paradigma gerakannya, dari gerakan konservatif (turun ke jalan) menuju gerakan mahasiswa yang lebih kreatif dan substansif. 

"Gerakan mahasiswa saat ini, harus mulai merubah paradigma gerakannya, dari gerakan konservatif (turun ke jalan) menuju gerakan mahasiswa yang lebih kreatif dan substansif, seperti audiensi (dialog) dengan memberikan solusi dari kritikan yang di sampaikan, juga dengan gerakan kreatif lainnya," ujar Fauzan Irvan, Kamis (31/3), dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, pihaknya juga mendengar isu bahwa Prodewa terlibat dalam pergerakan mahasiswa yang akan turun ke jalan beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Disinggung Soal Tiga Periode, Jokowi: Kita Harus Taat Konstitusi

"Kami tegaskan, walaupun memang Prodewa ini anggotanya mayoritas para alumni-alumni ketua BEM dan aktivis mahasiswa, kami tidak terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan adanya isu pergerakan mahasiswa dari aliansi manapun," tegas pria yang pernah menjabat sebagai ketua BEM UPI Bandung dan Ketua BEM se-Jawa Barat itu.

Ia menyebut isu tersebut tidak benar dan telah membuat fitnah besar terhadap organisasi Prodewa. Fauzan menyebut bahwa saat ini Prodewa sedang fokus melakukan konsolidasi internal dengan Prodewa se-Indonesia.

Selain itu Fauzan mengatakan bahwa Prodewa juga sedang fokus membantu pemerintah dalam meningkatkan indeks demokrasi Indonesia yang sedang turun dengan melakukan berbagai bentuk diskusi, kajian, dan riset dari berbagai pakar. Agar dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan kualitas demokrasi Indonesia ke depannya.

Fauzan mengajak para mahasiswa untuk turut kritis namun juga dengan menggunakan cara-cara elegan dan mengedapankan dialog substansif.

"Untuk adik-adik dan sahabat saya para mahasiswa, mari disituasi pandemi saat ini, kita tetap kritis namun tetap  mengedepankan dengan cara dialog yang substansif, agar tujuan penyampaian aspirasi tercapai dengan baik," ucap Fauzan.

"Juga dalam mendekati bulan Ramadan untuk menjaga kondusifitas serta membantu masyarakat agar tercapai herd immunity secara kolektif sehingga Indonesia segera bangkit dari pandemi ini," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Dr.Rahmat Dwi Putranto: Teknologi Pengaruhi Eksistensi Hukum di Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:07 WIB
Dr.Rahmat Dwi Putranto berharap ke depan dapat dilahirkan mata kuliah untuk mahasiswa hukum di Indonesia yang bernama Teknologi...
Dok Kejagung

Kejagung Periksa Tiga Saksi Terkait Penyerobotan Lahan oleh PT Duta Palma

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:32 WIB
Kejagung menyebut PT Duta Palma tak mengantongi surat-surat dalam mengelola lahan...
Antara

Terdakwa Alvin Lim Akui Tak Terima Surat Pemanggilan Sidang Pertama

👤Ant 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:00 WIB
Alvin mempersoalkan tindakan upaya paksa yang dilakukan jaksa dari Kejari Jaksel didampingi petugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya