Jumat 31 Desember 2021, 11:25 WIB

Kebijakan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 Kunci Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi-Amin

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kebijakan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 Kunci Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi-Amin

AFP
Presiden Joko Widodo

 

MENJELANG tutup tahun, sejumlag hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo'Ma'ruf Amin relatif tinggi. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi Subhan mengatakan, keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi mampu membuat kebijakan di tengah pandemi covid-19 yang sejalan dengan pergerakan roda perekonomian.

Syafuan menilai masyarakat puas terhadap kinerja  Jokowi karena membangun Indonesia di tengah krisis bukan hal yang mudah.

"Indonesia bisa bertahan dengan kondisi sekarang itu patut diapresiasi, karena pemerintah dunia termasuk Malaysia mengalami turbulensi politik. Hampir semua upaya untuk menekan laju penyebaran pandemi,” tandasnya. 

Ia menambahkan, hal tersebut kemungkinan terjadi karena masyarakat puas dengan penanganan pemerintah terhadap Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Terbukti kepuasan masyarakat terhadap penanganan pandemi meningkat cukup. 

Selain itu, ia mengatakan keberhasilan Pemerintahan Jokowi membangun daerah pinggiran melalui skema dana desa. “Itu tingkat kepuasan masyarakat terapresiasi dengan berbagai survei tersebut,” tandasnya.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan 71,7 persen atau mayoritas warga puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf. Survei yang dilaksanakan pada 8-16 Desember 2021 ini turut membandingkan tingkat kepuasan yang dicapai pada 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya.

Senada, temuan survei Populi Center terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf berada di angka 74,9 persen.
Peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah menjelaskan dari jumlah itu 13,9 persen di antaranya menyatakan sangat puas. Sisanya 61 persen menyatakan puas. Sedangkan masyarakat yang menilai tidak puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf sebesar 22,7 persen.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyatakan survei pihaknya menunjukkan sebanyak 70,1 persen masyarakat puas atas kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan tingkat kepuasan tersebut terus mengalami kenaikan. Dari Juli 2021 yang hanya berada di angka 59 persen, naik menjadi 63 persen di September 2021, dan akhirnya berada di kisaran 72 persen pada Desember 2021. Di sisi lain, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi-Ma'ruf tertinggi terlihat dalam survei Voxpopuli Research Center. Tercatat tingkat kepuasan itu mencapai angka 80,3 persen

Syafuan menjelaskan tingginya tingkat kepuasan masyarakat tak lepas dari keberhasilan pemerintah mengatasi pandemi yang diakui oleh dunia hingga posisi Indonesia yang semakin diakui dunia dengan memimpin presidensi G20 pada 2022 dan berlanjut sebagai ketua ASEAN pada 2023. "Selain itu, bencana alam bertubi-tubi, gempa, gunung meletus. Menurut saya, itu patut diapresiasi masyarakat menyampaikan dengan tulus. Karena siapa pun pemimpin di masa krisis tidak mudah,” tandasnya.  (OL-8)

 

 

Baca Juga

MI/Haryanto Mega

Pemenang Pemilu 2024 Ditentukan Kolaborasi Parpol Populer 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:21 WIB
Berdasarkan survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, elektabilitas parpol tertinggi masih dipegang Partai Demokrasi Indonesia...
MI/Susanto

KPU Masih Tunggu Sisa Anggaran Pemilu di 2022 yang Belum Cair

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:15 WIB
Pasalnya, dari anggaran Rp8,06 Triliun, pemerintah baru mengucurkan Rp2,4 Triliun atau kurang Rp5,6...
dok.dpr-ri.go.id

Komisi III Minta Kejaksaan dan Polri Ambil Langkah Konkret Soal Kredit Macet Titan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 20:15 WIB
KOMISI III DPR RI menggelar RDP panja pengawasan penegakan hukum dengan Kejaksaan dan Polri terkait pengaduan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya