Senin 22 November 2021, 11:37 WIB

NasDem Nilai Jaksa Perlu Perlindungan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
NasDem Nilai Jaksa Perlu Perlindungan

DOK DPR RI
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana saat pertemuan Panja RUU Kejaksaan Komisi III DPR RI dengan jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka

 

ANGGOTA Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana menegaskan perlunya jaminan keamanan bagi para jaksa dan keluarganya, mengingat profesi jaksa rentan terhadap risiko yang mengancam keselamatan jiwa.

Hal itu, menurut Eva, merupakan poin penting yang harus dimasukkan ke dalam RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan.

Legislator NasDem itu mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, berbagai ancaman keamanan, tekanan dan teror kerap menimpa para jaksa. Hal tersebut harus menjadi perhatian serius, sehingga diperlukan regulasi sebagai landasan hukum yang mengatur jaminan keamanan bagi jaksa dan keluarganya.

Baca Juga: Dito Ganinduto Desak Pemerintah Siapkan Skema Perdagangan Karbon Domestik

“Dalam konsepnya, RUU Kejaksaaan nanti akan disebutkan mengenai ancaman keamanan terhadap jaksa dan keluarga. Karena memang kita sudah melihat beberapa kejadian yang tidak kita inginkan terjadi pada jaksa dan keluarganya. Terlepas dari jaksa tersebut sedang dalam menangani kasus atau di luar menangani kasus,” kata Eva seusai pertemuan Panitia Kerja (Panja) RUU Kejaksaan Komisi III DPR RI dengan jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Polda Babel, dalam keterangannya, Senin, (22/11).

Ia menegaskan negara harus hadir dan bertanggung jawab dalam memberi perlindungan kepada aparaturnya, sehingga saat melaksanakan tugas para jaksa dan keluarga bisa terbebas dari risiko yang mengancam keselamatan.

Untuk itu Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah V ini memastikan RUU Kejaksaan akan memuat poin-poin yang berkaitan dengan perlindungan terhadap jaksa.

“Perlindungan ini pasti kita berikan karena memang tugas yang dilakukan seorang jaksa itu sarat dengan pressure, teror, dan sebagainya. Oleh karena itu, pasti negara bertanggung jawab atas keselamatan jaksa dan juga keluarga. Karena memang tugas dan tanggung jawab jaksa itu begitu berat,” pungkasnya. (Cah/OL-10)

Baca Juga

Antara

Tersangka Peristiwa HAM Berat Paniai Segera Diadili di Pengadilan HAM Makassar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:32 WIB
Sangkaan yang menjerat IS terkait pertanggungjawaban rantai komando atas kejahatan terhadap...
Dok MI

Wamen ATR/BPN Pastikan Lahan IKN Nusantara Tak Tumpang Tindih

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:30 WIB
"IKN tidak ada tumpang tindih karena sebagian besar itu kan kawasan hutan...
Dok MI

KPK Lantik 43 Pejabat Fungsional Baru

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:07 WIB
Pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal KPK Cahya H...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya