Senin 25 Oktober 2021, 14:50 WIB

Presiden Ajak ASEAN Bangkit Bersama Indonesia

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Ajak ASEAN Bangkit Bersama Indonesia

Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo melihat ada secercah harapan baru yang menyinari negara-negara ASEAN setelah 20 bulan menghadapi masa-masa kelam akibat pandemi covid-19. Asa itu tercermin dari kondisi kesehatan masyarakat di kawasan yang semakin membaik.

Sebagamana diketahui, dalam seminggu terakhir, kasus covid-19 di ASEAN turun 14%. Angka itu jauh lebih tinggi dibanding penurunan infeksi di tingkat dunia yang hanya 1%.

"Situasi ini dipastikan akan meningkatkan kepercayaan internal dan eksternal ASEAN untuk beraktivitas kembali dan akan mempercepat pemulihan ekonomi. Tetapi kita juga harus tetap menjaga kewaspadaan mengingat adanya peningkatan kasus di beberapa negara," ujar Jokowi dalam ASEAN Business and Invesment Summit 2021, Senin (25/10).

Di dalam menghadapi pandemi, Indonesia tidak hanya sekadar ingin kembali pulih. Lebih dari itu, Indonesia ingin mencuri kesempatan dan berbagai peluang yang muncul akibat pandemi.

Baca juga: Kinerja Jokowi-Amin di Bidang Penegakan Hukum Dapat Kepuasan Rendah

Oleh karena itu, ia pun mengajak seluruh anggota ASEAN untuk memiliki target serupa demi mencapai kemajuan secara kolektif. Perlu dilakukan reformasi struktural agar perkumpulan negara di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Peluang ini sangat besar untuk bisa kita lakukan sebagaimana yang kami lakukan di Indonesia. Kesibukan menghadapi pandemi covid-19 tidak menyurutkan niat Indonesia untuk melakukan reformasi struktural. Indonesia menerbitkan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja untuk memperbaiki iklim investasi dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi inklusif yang menciptakan lapangan kerja," jelas mantan wali kota Solo itu.

Ujian berat berupa pandemi, sambung Jokowi, justru menjadi berkah tersendiri. Tantangan tersebut membuat pemerintah mengetahui apa saja kelemahan yang harus diperbaiki, apa saja yang bisa dilakukan untuk memperkuat diri dalam menghadapi cobaan yang lebih besar di masa depan.

"Saya berharap juga demikian halnya untuk Asia Tenggara sebagai kesatuan masyarakat ekonomi. ASEAN merupakan kawasan yang harus mengambil pelajaran dari krisis dan melakukan perbaikan diri secara fundamental di tingkat kawasan," tandasnya. (P-5)

Baca Juga

Antara

Langkah Kejagung Tuntaskan Kasus Indosat Dapat Dukungan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:13 WIB
Dengan Indosat membayar uang pengganti ke negara dan mengoperasikan IM2, justru akan membantu Indosat untuk dapat mengembalikan uang...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ditegur Jokowi, Polri Imbau Ormas Taati Peraturan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 05 Desember 2021, 13:19 WIB
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono meminta ormas agar tidak membuat keributan serta tidak melanggar aturan atau hukum yang...
Ist/DPR

Sufmi Dasco: Utamakan Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:47 WIB
Dasco pun meminta agar pemerintah membuat posko-posko darurat, menyediakan kebutuhan pokok, baik sandang dan pangan serta obat-obatan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya