Kamis 07 Oktober 2021, 14:59 WIB

Asabri Beli Saham Bentjok untuk Pembiayaan Tanah di Banten

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Asabri Beli Saham Bentjok untuk Pembiayaan Tanah di Banten

Antara
Terdakwa Dirut Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro saat mengikuti sidang lanjutan kasus korupsi.

 

MANTAN Kepala Divisi Investasi Asabri Hengky Effendi mengungkapkan adanya kerja sama dengan Komisaris Hanson International Benny Tjokrosaputro. 

Adapun, Benny merupakan salah satu dari delapan terdakwa dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan penempatan dana investasi Asabri pada periode 2012-2019. Menurut Hengky, Benny menawarkan tanah di Rangkasbitung, Banten, jika Asabri membeli saham MYRX, yakni emiten Hanson International. 

Baca juga: Hakim Kasus ASABRI: Jangan Asal Ngomong tanpa Mikir

Dalam berita acara pemeriksaan Hengky yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU), Benny hadir ke kantor Asabri pada Maret 2019 atas undangan Direktur Keuangan.

"Saudara Benny menawarkan proyek Rangkasbitung, lokasi tanah masih tersebar. Asabri akan membeli saham MYRX yang digunakan proyek Rangkasbitung," jelas jaksa di ruang sidang Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Kamis (7/10).

Lebih lanjut, Hengky menjelaskan bahwa transaksi itu bersifat bridging atau sementara. Saham MYRX yang dibeli Asabri akan digunakan untuk pembiayaan tanah di Rangkasbitung. Dia menyebut bahwa Benny akan melakukan buyback atau pembelian kembali saham tersebut.

Baca juga: Dalami 10 Tersangka Asabri, Kejagung Periksa 5 Saksi 

Dalam hal ini, Asabri membeli saham MYRX senilai Rp470 miliar. Masih dalam surat dakwaan yang disusun tim JPU, disebutkan Asabri akan mendapatkan return sebesar 12% per tahun. Hal itu sebagai usaha meningkatkan hasil investasi pada akhir tahun.

Adapun kasus dugaan korupsi Asabri diperkirakan merugikan keuangan negara hingga Rp22,78 triliun. Jaksa menyebut Benny bersama Jimmy Sutopo, terdakwa lain dalam kasus ini, diperkaya Rp5,96 triliun atas dana investasi Asabri.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Ist

KPK Gelar Program Penguatan Integritas Pejabat Kemenkes

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:19 WIB
Pembekalan antikorupsi untuk Kemenkes itu menjadi seri...
Ist/DPR

Anggota DPR Nilai Aturan Wajib Tes PCR Beratkan Calon Penumpang Pesawat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 10:36 WIB
Wajib tes PCR bagi calon penumpang maskapai penerbangan di Pulau Jawa dan Bali serta daerah PPKM level 3 lainnya kontraproduktif dengan...
 MI/Susanto

Ketua DPD AA LaNyalla: Kecakapan Literasi Digital Sangat Dibutuhkan

👤 Sri Utami 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 10:12 WIB
Literasi digital akan membuka kesempatan kepada generasi milenial yang rata-rata angkatan kerja untuk membuka peluang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya