Sabtu 25 September 2021, 00:20 WIB

KPK Langsung Tahan Azis Syamsuddin

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
KPK Langsung Tahan Azis Syamsuddin

Medcom/ Candra Yuri Nuralam
Azis Syamsuddin berompo oranye sebelum ditahan KPK

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap ke mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Penyuapan itu terkait penanganan perkara yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

"Pagi hari ini kami sampaikan kepada segenap anak bangsa, bahwa saudara AZ (Azis), Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024, sebagai tersangka," ujar Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Sabtu (25/9) dini hari.

Seusak menjalani pemeriksaan, Azis langsung ditahan KPK. Ia keluar sekitar pukul 00.26 menggunakan rompi tahanan oranye dengan tangan terborgol. Politisi Partai Golkar itu ditahan selama 20 hari ke depan atau terhitung mulai 24 September-13 Oktober 2021 di Rutan Polres Jakarta Selatan.

Penyuapan yang dilakukan oleh Azis diduga dilakukan bersama-sama dengan mantan Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar Aliza Gunado. Firli menyebut keduanya menyuap Robin sebesar Rp3,1 miliar. Selain Robin, penerimaan suap dari Azis diduga juga melibatkan pengacara bernama Maskur Husain.

KPK menersangkakan Azis dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU PTPK. Sampai saat ini, lembaga antirasuah tersebut belum menetapkan Aliza sebagai tersangka.  (OL-8)

 

Baca Juga

DOK MI.

Akhiri Spekulasi, Raker DPR dan Pemerintah Bahas Jadwal Pemilu Besok

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:35 WIB
Komisi II DPR akan melakukan rapat kerja (raker) dengan KPU, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bawaslu, dan DKPP untuk membahas jadwal...
dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...
dok.Ant

Pencabutan Perizinan Pertambangan, Perkebunan dan Kehutanan harus Transparan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:35 WIB
KEBIJAKAN pemerintah mencabut ribuan izin sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan dengan alasan menata kelola sumber daya alam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya