Selasa 10 Agustus 2021, 11:00 WIB

Korupsi di Banjarnegara, KPK Geledah Dua Lokasi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Korupsi di Banjarnegara, KPK Geledah Dua Lokasi

dok.mi
Juru bicara KPK Ali Fikri

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meneruskan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi turut serta dalam pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten Banjarnegara periode 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi. Langkahnya berupa penggeledahan di dua lokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pada Senin (9/8) Tim Penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di dua lokasi yang berada di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (10/8).

Menurut dia dua lokasi yang dimaksud ialah kantor Dinas PUPR Banjarnegara dan kantor PT BR yang beralamat di Jalan DI Panjaitan, Banjarnegara. Hasilnya ditemukan antara lain berbagai dokumen dan barang elektronik yang diduga terkait dengan perkara.

"Bukti-bukti tersebut, akan di analisa lebih lanjut dan dilakukan penyitaan untuk melengkapi pembuktian berkas perkara dimaksud," pungkasnya.

Pada kasus ini KPK telah menemukan bukti permulaan untuk mengusut kasus dugaan korupsi tersebut dan meningkatkan penanganannya ke tahap penyidikan.

Bahkan, KPK telah menetapkan tersangka kasus tersebut. Namun, Ali belum dapat membeberkan kronologis perkara, pihak-pihak yang sudah dijadikan tersangka, dan kerugian negara yang timbul dalam kasus tersebut.

"KPK belum dapat mengumumkannya dan akan dilakukan saat penangkapan dan atau penahanan terhadap tersangka," katanya.

KPK meminta masyarakat bersabar dengan proses hukum atas kasus tersebut. Dikatakan Ali, tim penyidik saat ini sedang menjalankan tugasnya.

"KPK pada waktunya pasti akan menyampaikan kepada masyarakat detail konstruksi perkara, alat buktinya apa saja, dan siapa pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya," katanya.

Ditekankan Ali, setiap perkembangan informasi terkait penanganan perkara ini akan disampaikan lebih lanjut. "Dan perlunya dukungan partisipasi masyarakat untuk aktif turut mengawasi setiap prosesnya," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Klaten Total Capai 32.218 dan 28.085 Sembuh

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Korban Meninggal Akibat Letusan Semeru Bertambah, Total 39 Orang

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:55 WIB
Di hari kelima pencarian, ditemukan sebanyak empat korban meninggal dunia di dusun Curah Kobokan. Serta satu korban luka yang sebelumnya di...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kejagung Periksa Tiga Saksi terkait Adik Benny Tjokro Terkait Korupsi Asabri

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:50 WIB
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Ezer Eben Simanjuntak menguraikan tiga orang saksi diperiksa untuk tersangka Teddy...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Golkar dan PKS Kompak Enggan Lanjutkan Pembahasan RUU TPKS

👤Putra Ananda 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:39 WIB
Penolakan PKS karena didasari pada tidak adanya aturan yang mengatur pelarangan perzinahan dan penyimpangan seksual atau LGBT dalam RUU...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya