Senin 02 Agustus 2021, 06:43 WIB

KPK Ultimatum Orang yang Bantu Harun Masiku ke Luar Negeri

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
KPK Ultimatum Orang yang Bantu Harun Masiku ke Luar Negeri

MI/Susanto
Logo Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) bingung buronan Harun Masiku bisa bepergian ke luar negeri padahal sudah masuk dalam daftar cegah. Lembaga Antikorupsi itu pun mengultimatum orang yang membantu Harun ke luar negeri.

"Jika ada pihak yang diduga sengaja menyembunyikan buronan, kami ingatkan dapat diancam pidana sebagaimana ketentuan Pasal 21 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)," tegas pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri, Senin (2/8).

Ali menegaskan pihaknya bakal memperkarakan orang yang meloloskan Harun ke luar negeri. Lembaga Antikorupsi itu menegaskan ultimatum itu bukan hanya gebrakan. KPK menegaskan sudah sering mempermasalahkan orang yang membantu buronan melarikan diri.

Baca juga: 436 Pegawai Positif Covid-19, KPK Harus Putar Otak

Ali juga menegaskan pihaknya bakal terus memburu Harun. Pencarian Harun tidak disetop sampai ditangkap.

"KPK masih terus berupaya menemukan DPO dimaksud baik pencarian di dalam negeri maupun kerjasama melalui National Central Bureau (NCB) interpol," tegas Ali.

Sebelumnya, KPK menyebut NCB Interpol telah menerbitkan red notice terhadap buronan kasus rasuah Harun Masiku. Lembaga Antikorupsi sudah mengirimkan permohonan red notice itu sejak 31 Mei 2021.

"KPK berharap bisa segera menangkap DPO (daftar pencarian orang) Harun Masiku," ujar pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, 30 Juli 2021.

Menurut dia, pelacakan buronan kasus suap terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR itu dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak.

Bareskrim Polri, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta NCB-Interpol ikut mencari Harun. (OL-1)

Baca Juga

DOK PUSPEN TNI

Pengamat Menilai Anggota Komisi I DPR Gagal Paham Soal Bakamla

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:52 WIB
Untuk pertahanan sudah jelas ada TNI AL yang mengawal pertahanan dan kedaulatan NKRI di laut dan telah sesuai dengan UU No 5 tahun...
Dok.NasDem

Fraksi NasDem Bahas Revisi Perpres No. 33 Tahun 2020

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:38 WIB
Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengawasan DPRD terhadap pembangunan berkelanjutan di setiap...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kasal Yudo Margono Sebut Kedisiplinan Kunci SDM Bermutu

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:09 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan generasi muda mesti memiliki kedisiplinan yang tinggi. Dengan karakter itu akan banyak memupuk para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya