Sabtu 01 Mei 2021, 19:45 WIB

Densus 88 akan Diturunkan Tumpas KKB

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Densus 88 akan Diturunkan Tumpas KKB

Antara
Ilustrasi Densus 88

 

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dipastikan akan turun ke Papua untuk membasmi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) usai resmi dilabeli teroris oleh Pemerintah Indonesia. 

Namun, Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebut Densus 88 akan turun setelah perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo keluar.

"Tentunya densus 88 akan siap membantu satuan tugas operasi Nemangkawi yang saat ini sudah bertugas di dalam rangka memburu KKB di Papua. Saat ini, masih menunggu perintah dari Kapolri," papar Ahmad (1/5).

Pasalnya, Densus 88 dibentuk oleh Polri memang memiliki tugas dan wewenang khusus dalam menangani dan menanggulangi aksi teror di Indonesia. 

Maka, usai KKB ditetapkan sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT), Densus 88 akan dilibatkan dalam pencarian anggota KKB.

"Kami sampaikan bahwa densus 88 antiteror Polri itu diciptakan sebagai satsus kontra terorisme yg tentunya memiliki kemampuan untuk mengumpas setiap aktifitas terorisme di tanah air," terangnya.

Ia mengemukakan keterlibatan Densus 88 dalam mengejar kelompok terorisme sudah ada sebelumnya di beberapa wilayah Indonesia. 

"Densus 88 dilibatkan di dalam membantu satgas operasi Tinombala maupun satgas operasi Madago Raya. Nantinya, tentunya ketika perintah dari Kapolri karena Densus ini langsung di bawah Kapolri, tentunya Densus 88 akan melaksanakan perintah setelah mendapatkan perintah dari Kapolri," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA

Amanat Undang-Undang, TWK di KPK tidak Perlu Dibatalkan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:05 WIB
Peran KPK adalah sebagai pelaksana perundang-undangan yang berupaya menjalankan regulasi tersebut...
MI/Duta

Politik Identitas Sebabkan Turunnya Indeks Demokrasi Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:00 WIB
The Economist Intelligence Unit (EIU) sebelumnya merilis Laporan Indeks Demokrasi 2020, dimana indeks demokrasi Indonesia berada pada...
Antara/Novirian Arbi

Anggota DPR Apresiasi Sikap RI atas Konflik Israel-Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 20:30 WIB
"Kami mengapresiasi langkah pemerintah yang mengupayakan dorongan penyelesaian melalui berbagai lini," kata anggota Komisi I DPR...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya