Senin 22 Maret 2021, 12:43 WIB

Rugi Rp5 M, Ketua DPC Demokrat Halmahera Utara Gugat AHY

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Rugi Rp5 M, Ketua DPC Demokrat Halmahera Utara Gugat AHY

Ilustrasi
Lambang Partai Demokrat

 

SIDANG perdana gugatan mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Halmahera Utara Yulius Dagilaha terhadap Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono digelar hari ini, Senin (22/3). Penasihat hukum Yulius, Kasman Elly, mengatakan kliennya mengugat AHY untuk bisa membatalkan Surat Keputusan pemecatan.

Kasman menyebut kliennya merasa dirugikan karena dipecat sebagai Ketua DPC Demokrat Halmahera Utara usai mengikuti Kongres Luar Biasa di Deli Serdang, Sumatra Utara.

"Dia (Yulius) dipecat dari Ketua DPC-nya yang terpilih secara demokratis. Dipecat tanpa dipanggil, diperiksa, memberikan kesempatan pada beliau untuk memberikan keterangan ke DPP," ujar Kasman di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kasman mengklaim kliennya dirugikan secara materi sebesar Rp5 miliar. Ini disebabkan karena selain sebagai Ketua DPC, Yulius juga merupakan anggota DPRD Halmahera Utara aktif. Pemecatan Yulius didasarkan dengan Surat Keputusan tertanggal 4 Maret 2021.

Baca juga: Demokrat Versi KLB Desak Kemenkumham Segera Sahkan Moeldoko

Menurutnya, setiap kader Partai Demokrat berhak mengikti KLB. Sebab, tidak ada aturan yang melarang para kader mengikuti KLB. Kasman menyebut seharusnya Yulius tidak langsung dipecat hanya karena ikut serta dalam KLB yang memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum.

Sidang dengan nomor perkara 167/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Jkt.Pst itu dipimpin oleh hakim ketua Bambang Nurcahyo. Setelah pembacaan permohonan, sidang berikutnya beragendakan jawaban dari tanggapan tergugat pada Senin (29/3).

"Pembuktian surat tergugat 26 April 2021, selanjutnya kita akan bertemu kembali pada 3 Mei, yaitu pembuktian para saksi," kata Bambang.(OL-5)

Baca Juga

Dok Kemendagri

Tito Terima Penghargaan Alumni Terhormat dari NTU

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 23:30 WIB
Menteri Chan Chun Sing menilai Tito sebagai sosok polisi yang memberikan kontribusi besar kepada penciptaan keamanan di...
MI/Susanto

Usung Kesejahteraan, Golkar Optimistis Menang Pemilu 2024 

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:45 WIB
Airlangga mengatakan Partai Golkar akan berperan dalam pembangunan ekonomi dengan mengusung visi kemajuan bangsa dengan meningkatkan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Pandemi Jadi Ujian bagi Partai Politik dan Penyelenggara Negara 

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:24 WIB
Lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif diuji untuk bisa menangani krisis kesehatan dan ekonomi yang bergulir di waktu yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya