Rabu 20 Januari 2021, 15:47 WIB

Komisi III DPR Sepakat Listyo Sigit Prabowo Pimpin Polri

Sri Utami | Politik dan Hukum
Komisi III DPR Sepakat Listyo Sigit Prabowo Pimpin Polri

ANTARA/Galih Pradipta
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Ketua Komisi III DPR Herman Hery (kiri).

 

SETELAH menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR, Komjen Listyo Sigit Prabowo, akhirnya disepakati menjadi Kapolri. Sebanyak sembilan fraksi telah menyampaikan catatan dan pandangan mininya serta telah menyetujui Kabareskrim Polri tersebut memimpin Korps Bhayangkara.

Ketua Komisi III DPR Herman Herry dalam sidang yang dipimpinnya menegaskan berdasarkan pertimbangan dan catatan dari fraksi akhirnya pimpinan dan anggota Komisi III DPR secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Aziz. "Dan menyetujui pengakatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan diproses sesuai peraturan perundang-undangan,"ucapnya, Rabu (20/1).

Dalam proses uji kepatutan dan kelayakan yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut Listyo dinilai oleh beberapa anggota Komisi III memiliki komitmen yang kuat dalam merevolusi kultur dan kinerja dalam mengupayakan kembalinya kepercayaan publik terhadap Polri. "Dari paparan yang begitu komprehensif tadi saya lihat ada keinginan untuk merevolusi Polri secara keseluruhan," ujar anggota Komisi III DPR Fraksi PPP Arsul Sani.

Menurut Arsul, dalam mewujudkan perubahan kultur Polri, termasuk mengubah Polri yang lebih melayani daripada penindakan, harus didukung oleh analisis big data yang baik. "Kami melihat keberhasilan prediktif polisi ini akan tergantung pada analisis big data selain dukungan anggaran dan juga butuh dukungan berbagai pihak," ucapnya.

Di sisi lain, Polri yang prediktif, sambung dia, memiliki potensi pelanggaran HAM karena termasuk dalam pendataan indentitas publik. Artinya, dibutuhkan teknis yang cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek. (OL-14)

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Kejar Pihak yang Sengaja Hilangkan Barang Bukti Pajak

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 13 April 2021, 23:40 WIB
KOMISI anti-rasuah mengultimatum pihak yang sengaja menghilangkan bukti suap pajak di Kantor PT Jhonlin Baratama akan dibawa ke meja...
Antara

Pengamat: Moeldoko Paling Laik Direshuffle

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 13 April 2021, 23:28 WIB
KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko menjadi sosok teratas yang layak direshuffle, sebab tidak fokus membantu presiden. Moeldoko malah sibuk...
Antara

Luhut Pilih Pencegahan: OTT tak Bikin Jera

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 22:26 WIB
Luhut yang mengaku telah menjabat sebagai menteri hampir 7 tahun, mengganggap kinerja KPK tidak begitu maksimal dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya