Selasa 19 Januari 2021, 14:12 WIB

Tahun ini, Kemenhan Rekrut 25 Ribu Komponen Cadangan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Tahun ini, Kemenhan Rekrut 25 Ribu Komponen Cadangan

Antara
Komponen cadangan

 

KEMENTERIAN Pertahanan berencana memulai rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) pada 2021 dengan target 25 ribu orang. Hal ini menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

"Tahap pertama TNI akan melakukan sosialisasi Komcad terlabih dahulu keberbagai elemen masyarakat, kemudian yang nanti bertanggungjawab melakukan seleksi dan rekruitmen adalah TNI melalui Koramil-Koramil diseluruh Indonesia," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak kepada Media Indonesia, Selasa (19/1).

Menurut dia, peserta yang telah lulus seleksi sesuai dengan persyaratan Komcad akan mengikuti pelatihan militer dasar oleh TNI. Seluruh proses dan tahapan seleksi juga pelatihan program ini akan menerapkan protokol kesehatan dan tentu melihat perkembangan kondisi Covid-19.

Baca juga : KPK Selisik Rekomendasi Tambak Lobster di Kabupaten Kaur Bengkulu

"Target peserta Komcad di tahun ini 25ribu orang," jelasnya.

Ia mengatakan jumlah tersebut berasal dari seluruh kalangan dengan persyaratan seperti minimal usia 18 sampai 35 tahun. Tugas yang akan mereka emban setelah pelatihan akan mengikuti ketentuan yang sudah digariskan.

Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komcad akan bertugas ketika dimobilisasi oleh presiden atas persetujuan DPR.

"Misalnya ikut membantu menangani kedaruratan bencana alam, bencana penyakit seperti pandemi, wabah dan perang. Ketika selesai bertugas Komcad didemobilisasi dan kembali bertugas sebagai sipil sesuai profesinya sehari-hari," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/ M Irfan

Sudah Dihapus MK, Ini Alasan Pemerintah Pertahankan Pasal Penghinaan Presiden di RKUHP

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:16 WIB
Eddy mengatakan pasal di Revisi KUHP berbeda dengan aturan yang dihapus...
MI/Susanto

Ketua KY Mukti Fajar Dikukuhkan sebagai Guru Besar UMY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:05 WIB
Terdapat beberapa persoalan hukum yang berhadapan dengan sistem sharing economy yang...
MI/Tri Subarkah

Tolak Keberatan Terdakwa, Hakim Lanjutkan Sidang Korupsi TWP-AD

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:34 WIB
Penolakan itu disampaikan dalam sidang putusan sela pada Rabu (25/5). Putusan tersebut dibacakan oleh hakim ketua Brigjen Faridah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya