Kamis 31 Desember 2020, 23:25 WIB

Pembubaran FPI Dinilai Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Tepat

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pembubaran FPI Dinilai Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Tepat

Istimewa
Pimpinan Pondok Pesantren Buntet Cirebon, jawa Barat, Kyai Adib Rofiuddin Izza

 

PIMPINAN Pondok Pesantren Buntet Cirebon, jawa Barat, Kyai Adib Rofiuddin Izza menilai pembubaran Front Pembela Islam (FPI) oleh Pemerintah sudah tepat. Adapun FPI resmi dibubarkan terhitung sejak Rabu (30/12).

“Peristiwa yang sekarang sedang jadi omongan, jadi pembahasan di seluruh masyarakat adalah tentang pembubaran ormas FPI oleh pemerintah,” tutur Kyai Adib dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/12).

Menurutnya, langkah-langkah yang sudah diambil oleh pemerintah sudah tepat lantaran Pemerintah mengacu pada Undang-Undang yang berlaku.

"Saya yakin pembubaran itu sudah tepat. Karena pemerintah mengacu berdasarkan Undang-Undang dan juga keputusan tentang pembubaran FPI itu didasari dengan musyawarah dari berbagai macam unsur dan elemen masyarakat Indonesia," paparnya.

Adib menyebut langkah yang diambil oleh Pemerintah bukan hanya berdasarkan Undang-Undang. Lebih dari itu, keputusan itu dinilainya juga berdasarkan dari aspirasi masyarakat. Sebab, FPI dinilainya tidak menyadari bahwa setiap gerakannya banyak sekali yang bertentangan dan melanggar hukum di Indonesia.

“Banyak yang bertentangan dengan hukum di Indonesia, baik itu secara Undang-Undang negara ataupun secara konsep-konsep syariat Islam,” tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah menghentikan kegiatan dan membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam (FPI),pada Rabu (30/12).  Adapun dasar hukum FPI dilarang yakni Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan atau Ormas. (OL-13)

Baca Juga: FPI Ganti Nama Jadi Front Persatuan Islam, Ini Respons Polri

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya