Rabu 02 Desember 2020, 16:01 WIB

Sembilan Fraksi Setujui Tujuh Anggota Baru Komisi Yudisial

Sri Utami | Politik dan Hukum
Sembilan Fraksi Setujui Tujuh Anggota Baru Komisi Yudisial

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
.

 

RAPAT pleno Komisi III DPR akhirnya menetapkan sembilan fraksi menyetujui tujuh calon komisioner Komisi Yudisial (KY) masa jabatan 2020-2025. Ketujuhnya telah menjalankan seleksi uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR sejak 30 November dan 1 Desember.

Rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan hasil persetujuan tersebut akan dibawa dalam rapat paripurna dalam waktu dekat. "Sembilan fraksi memberikan persetujuan terhadap tujuh calon anggota KY, apakah kesimpulan ini dapat disepakati?" ujarnya, Rabu (2/12)

Dalam rapat yang berlangsung satu jam tersebut Herman merinci kembali nama anggota KY yakni Mukti Fajar Nur Dewata, Amzulian Rifai, Joko Sasmito, M.Taufiq, Binziad Kadafi, Sukma Violetta, dan Siti Nurdjanah.

Sebelumnya, diketuk palu tiap perwakilan fraksi menyampaikan pandangan mini fraksi terhadap tujuh calon anggota KY yang diajukan Presiden Jokowi. Dalam pandangan mini sembilan fraksi menyatakan persetujuan ketujuh calon tersebut menjadi komisioner KY.

Sebelumnya Komisi III DPR menggelar uji kelayakan terhadap tujuh calon komisioner KY. Proses uji kelayakan pada hari pertama yakni penyusunan makalah dengan judul yang ditentukan oleh Komisi III DPR. Kemudian hari kedua, Selasa, para calon anggota memaparkan makalah dan diuji melalui tanya jawab seluruh anggota Komisi III DPR dan berlangsung selama sekitar 10 jam. (OL-14)

Baca Juga

Ist

LPOI-LPOK Dukung Pengadaan Perppu Pelarangan Ideologi selain Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:25 WIB
Tantangan utama bangsa Indonesia hari ini ialah penyebaran ideologi yang bertentangan dengan ideologi...
DOK MI

Golkar Berpeluang Usung Anies-Airlangga

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:15 WIB
PELUANG Partai Golkar untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dinilai...
MI/Vicky Gustiawan

Waketum Golkar Undang Anies ke Makassar, Pengamat : Sinyalemen Golkar Cari Capres Alternatif 

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:02 WIB
Sebab dengan elektabilitas Airlangga yang masih sangat rendah ini sangat kecil bisa bersaing dengan tokoh-tokoh lainnya di Pilpres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya