Selasa 01 Desember 2020, 17:28 WIB

Presiden Instruksikan Percepat Realisasi Belanja Anggaran 2020

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Instruksikan Percepat Realisasi Belanja Anggaran 2020

AFP
.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh jajaran menterinya berkonsentrasi pada realisasi anggaran 2020.

Sebagaimana diketahui, dengan adanya beberapa hari libur nasional termasuk Pilkada 9 Desember mendatang, secara praktis hari kerja di bulan terakhir hanya menyisakan tiga pekan.

"Ini tinggal kurang lebih tiga minggu, hanya tinggal tiga minggu, praktis tinggal tiga minggu. Jadi, semua saya minta konsentrasi kepada yang namanya realisasi belanja 2020," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/12).

Tidak berhenti di situ, kepala negara meminta seluruh kementerian/lembaga terutama yang memiliki anggaran besar untuk segera bergerak membelanjakan dana yang dimiliki sejak awal Januari 2021.

Dengan DIPA yang telah dibagikan sejak November lalu, kementerian/lembaga semestinya telah mulai melaksanakan lelang dini sehingga proyek-proyek 2021 bisa dimulai sejak awal tahun.

"Saya ingatkan sekali lagi, belanja-belanja semua harus bisa segera direalisasikan di awal Januari, di awal tahun. Mestinya lelang dimulai sekarang karena DIPA-nya sudah kemarin dibagikan," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Ardi Teristi Hardi

Wacana Presiden Tiga Periode, Golkar : Butuh Energi Besar 

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:15 WIB
"Itu (presiden tiga periode) kan, kita perlu energi yang besar. Kita harus melakukan amandemen UUD 45 kalau kita mau mengubah presiden...
Antara/Fauzan

Tiba di Jakarta, Buronan Adelis Lis Langsung Jalani Eksekusi

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:46 WIB
Usai dijemput langsung oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin di bandara, Adelin lantas diboyong ke Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta...
Dok. DPR

Cegah Covid-19. Pemda Diminta Tegakkan Instruksi Mendagri 13/2021

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:15 WIB
"Sebab kita ini negara kesatuan. Pemerintah daerah wajib melaksanakan instruksi pemerintah pusat termasuk dalam konteks penanganan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya