Jumat 27 November 2020, 13:00 WIB

Tiga Anggota TNI Tertembak di Nduga, OPM Mengaku Bertanggung Jawab

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Tiga Anggota TNI Tertembak di Nduga, OPM Mengaku Bertanggung Jawab

Medcom.id
Ilustrasi

 

BAKU tembak antara TNI dan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM kembali terjadi pada Kamis (26/11). Akibat baku tembak di Distrik Patu, Kabupaten Nduga, Papua tersebut, sebanyak tiga anggota TNI terluka. Juru Bicara TPNPB OPM Sebby Sambom menyebutkan, pihaknya bertanggung jawab atas penembakan tersebut.

“Dari Panglima Kodap III TPNPB Ndugama Bridgen Egianus Kogeya melaporkan bahwa mereka telah melakukan kontak senjata dengan pasukan Keamanan Indonesia di Kabupaten Nduga, Papua,” katanya kepada Media Indonesia melalui pesan singkatnya, Jumat (27/11).

Berdasarkan informasi, ketiga anggota TNI yang mengalami luka tersebut yaitu Serda Abriadi yang terkena luka tembak di paha, Kopda Subair Purnomo tertembak di pergelangan tangan kanan dan paha kanan, serta Prada Fajar Rosadi mengalami luka tembak di leher bagian kanan. Saat ini ketiganya sudah dievakuasi ke Timika untuk perawatan lebih lanjut.

Baca juga : Tiga Anggota TNI Ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata Papua

Lebih lanjut Sebby mengungkapkan, baku tembak terjadi sekitar pukul 13.00 Waktu Indonesia Timur (WIT). Berdasarkan pantauan anggota TPNPB di lapangan, pihaknya menyerang dua mobil aparat keamanan yang masuk ke wilayah Kendibam, Nduga. 

“Kita juga melihat ada helikopter masuk ke Nduga dari arah Timika pada pukul 4 sore untuk membawa aparat TNI/POLRI yang tertembak,” jelasnya. (P-5)

Baca Juga

Dok. Priibadi

Perpres RAN-PE Bukti Komitmen Pemerintah Atasi Ekstremisme

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:03 WIB
Ditegaskan Christina, persoalan ekstremisme sudah menjadi permasalahan seluruh elemen bangsa dan bukan hanya...
Antara

Lemkapi: Program Presisi Listyo Cocok dengan Kondisi Indonesia

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Edi pun meminta kepada calon Kapolri agar memperkuat peranan Polsek agar dapat diandalkan menjadi ujung tombak dalam pelayanan kepada...
Antara

KPK Kembangkan Suap Bansos yang Jerat Juliari

👤Ant 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:17 WIB
"Kita cari karena di program bansos itu banyak sekali bukan hanya difabel, PKH, dan lain-lain," kata Deputi Penindakan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya