Selasa 17 November 2020, 21:40 WIB

Joko Tjandra Ragukan Nomor Ponsel yang Diekstrasi Ahli

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Joko Tjandra Ragukan Nomor Ponsel yang Diekstrasi Ahli

Antara
.

 

TERPIDANA korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali sekaligus terdakwa dalam kasus dugaan surat jalan palsu Joko Tjandra, meragukan nomor ponsel yang digunakan saksi ahli AKP Adi Setya.

Dalam hal ini, Adi adalah pemeriksa forensik digital dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri yang mengekstrasi percakapan dalam ponsel para terdakwa.

"Saya meragukan info-info yang dipaparkan oleh saudara," kata Joko Tjandra di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (17/11).

Menurut Joko Tjandra, percakapan dalam ponsel miliknya yang diekstrasi oleh Adi sudah tidak digunakannya sejak lama. Oleh sebab itu, ia mempertanyakan bagaimana Adi mendapatkan nomor-nomor tersebut.

Dalam pembelaannya, Adi menyebut bahwa nomor ponsel itu didapatnya dari berita acara pemeriksaan (BAP) Joko Tjandra pada Agustus lalu.

"Bahwa nomor-nomor yang di dalam BAP itu, sudah tidak saya pakai sejak puluhan tahun yang lalu," ujar Joko Tjandra.

Joko Tjandra mengatakan dirinya sudah tidak tinggal di Indonesia selama 11 tahun lalu. Diketahui, ia meninggalkan Indonesia dan menjadi buronan sejak 17 Juni 2009.

Sebelumnya di persidangan tersebut Adi memaparkan hasil percakapan dalam ponsel miliki para terdakwa maupun saksi dalam perkara itu. Misalnya, foto surat jalan atas nama Joko Tjandra yang dikirim melalui nomor ponsel Prasetijo ke stafnya bernama Doddy Jaya.

Selain itu, Adi juga menampilkan foto surat jalan yang telah terbakar. Foto tersebut diambil dari ponsel milik Kompol Johny Andrijanto, seorang perwira menengah di Biro Koordinator Pengawas PPNS Bareskrim Polri.

"(Foto) itu tanggal 8 bulan 7 2020," sebut Adi.

Lebih jauh, Adi juga menemukan swafoto Prasetijo bersama mantan pengacara Joko Tjandra dan terdakwa lain dalam perkara ini, Anita Kolopaking. Foto yang ditampilkan dalam persidangan itu menunjukan Prasetijo dan Anita yang sedang berada di dalam pesawat. Menurut Adi, foto tersebut dikirim oleh Prasetijo ke ponsel milik Anita. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok pribadi

Pengadilan Negeri Manokwari Batalkan Putusan MA

👤Media Indonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:20 WIB
KEMENANGAN perkara perdata antara Rico Sia melawan Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) di...
dok.ist

Millie Lukito Ditunjuk Sebagai Ketua Bidang Ekonomi DPP Partai NasDem

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:59 WIB
Millie Lukito baru-baru ini ditunjuk sebagai Ketua Bidang Ekonomi Partai NasDem Periode 2022-2024....
Antara

Mendekati Tahun Politik, Waspadai Berita Hoaks Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:50 WIB
Kemajuan teknologi memudahkan penyebarluasan informasi melalui media digital. Masyarakat harus mewaspadai informasi tidak benar atau hoaks...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya