Senin 26 Oktober 2020, 13:33 WIB

Satu Anggota KKB Intan Jaya Tewas Ditembak

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Satu Anggota KKB Intan Jaya Tewas Ditembak

Antara
Ilustrasi

 

TIM gabungan TNI-Polri tekan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang bercokol di Intan Jaya, Papua. Satu anggota kelompok pembuat keonaran dan gangguan keamanan di Bumi Cendrawasih ini tewas dan dua lainnya diamankan.

"Setelah aktif melaksanakan operasi penegakan hukum guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Intan Jaya, tim gabungan TNI-Polri akhirnya melakukan penindakan terhadap kelompok KKB di Kampung Jilai," kata Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangan resmi, Senin (26/10).

Menurut dia, tindakan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya berupa sweeping dan patroli untuk melindungi masyarakat dari ancaman KKB. Penindakan dilakukan pada pagi hari, Senin (26/10) sekitar pukul 05.30 WIT.

"Tim gabungan TNI-Polri berhasil menewaskan satu orang KKB atas nama Rubinus Tigau dan mengamankan dua orang lainnya yang salah satunya mengaku adik dari Rubinus Tigau," urainya.

Baca juga : KPK Periksa Sekda Lampung Selatan

Dari keterangan kedua orang yang diamankan tim gabungan, kata dia, terungkap bahwa Rubinus Tigau aktif dalam aksi KKB di wilayah Intan Jaya dan sekitarnya. "Diamankan juga beberapa barang bukti berupa parang dan panah, dokumen struktur organisasi dan satu unit ponsel," kata dia.

Menurut dia, pihak keluarga juga mengakui mengenai keterlibatan Rubinus Tigau dalam aksi-aksi KKB. Dari hasil interogasi, diperoleh keterangan bahwa kelompok KKB kabur ke arah Gereja Mapogo yang lokasinya dekat dengan tempat kejadian perkara penembakan pendeta Yeremia Zanambani yang diinvestigasi tim gabungan pencari fakta (TGPF) beberapa waktu lalu.

"Keterangan lebih lanjut akan segera disampaikan sambil menunggu perkembangan yang terjadi di lapangan. Tidak ada korban dari tim gabungan TNI-Polri," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/PANCA SYURKANI

KPK Lelang 3 Mobil Milik Mantan Wali Kota Tomohon

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 20 Januari 2021, 07:08 WIB
Tiga mobil itu diyakini bisa mengembalikan uang negara Rp591...
MI/ADAM DWI

Sidang Gratifikasi Mantan Pejabat Pemkab Subang Segera Digelar

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 20 Januari 2021, 06:27 WIB
Heri terjerat kasus dugaan gratifikasi bersama mantan Bupati Subang Ojang Sohandi. Dia ditahan pada 10 September...
MI./M.Irfan

Kejagung Periksa Saksi terkiat Kasus Korupsi Mantan Dirut BTN

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:45 WIB
MAA diperiksa untuk mengumpulkan bukti soal dugaan korupsi dalam pemberian fasilitas kredit kepada PT Titanium Property dari BTN Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya