Jumat 11 September 2020, 12:08 WIB

Amien Rais Umumkan akan Buat Partai Baru

Basuki Eka Purnama | Politik dan Hukum
Amien Rais Umumkan akan Buat Partai Baru

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Amien Rais

 

POLITISI Amien Rais mengumumkan dirinya dan beberapa sahabatnya berencana mendirikan sebuah partai politik baru dengan asas partai adalah Islam rahmatan lil'alamin atau Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

"Saya dan beberapa sahabat dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," kata Amien dalam akun Youtube yang dipantau, Jumat (11/9).

Amien menjelaskan dirinya dan para sahabatnya menaruh perhatian terhadap perkembangan kondisi bangsa dan negara Indonesia saat ini.

Baca juga: Berisiko Klaster Baru, Pilkada 2020 Sebaiknya Ditunda

Menurut dia, kondisi bangsa berada di ambang krisis sosial, politik, dan ekonomi. Namun, dirinya tidak berharap Indonesia menghadapi resesi berat lalu menuju depresi.

"Selain itu kekuasaan yang sedang memikul harapan rakyat semakin menjauhi nilai-nilai etika yang baik dan adil," ujarnya.

Dia mengatakan asas partai baru yang akan dirikannya adalah Islam rahmatan lil'alamin karena Islam melarang diskriminasi atas nama apa pun. Selain itu menurut dia, semboyan partai-nya adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Lapisan kaum dhuafa dan mustad'afin di kalangan kita merasakan benar kondisi saat ini. Masyarakat ingin melihat masa depan Indonesia yang lebih cerah, adil, egaliter, dan etis," katanya.

Hal itu, menurut dia, sejalan dengan pesan pokok dari Al Quran, Pancasila, dan UUD 1945.

Amien mengatakan untuk logo dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) belum bisa diungkapkannya karena sedang dipersiapkan.

"Untuk nama, logo, dan AD/ART belum dapat diungkapkan sekarang, mohon bersabar tunggu, tanggal, hari, dan bulan, kami sedang bermusyawarah," tuturnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

 ANTARA/Rivan Awal Lingga

Jadikan Putusan DKPP Berhentikan Ketua KPU sebagai Bahan Evaluasi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 15:20 WIB
Putusan DKPP harus dihormati dan menjadi bahan evaluasi besar-besaran penyelenggara...
MI/Moh Irfan

Komisi Kejaksaan akan Lanjuti Laporan ICW soal Penyidik Pinangki

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 10:37 WIB
Komisi Kejaksaan masih menunggu putusan pengadilan berkaitan dengan esensi pelaporan ICW terkait dugaan pelanggaran kode etik yang...
MI/MOHAMAD IRFAN

Berikut Tahanpan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

👤Cindy Aang 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 05:40 WIB
Arsul Sani mengatakan rangkaian tahapan fit and proper test calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo telah digelar sejak Kamis,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya