Kamis 23 Juli 2020, 09:36 WIB

IMIC Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Laut

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
IMIC Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Laut

Dok: Bakamla
Kapal Patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia KN Pulau Nipah-321 berlayar menuju daerah operasi di Laut Natuna Utara

 

KEPALA Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia resmi meluncurkan Indonesia Maritime Information Centre (IMIC). Program ini merupakan amanat UU sebagaimana pada pasal 63 ayat 1c UU no. 32/2014, pasal 4 ayat 1c Perpres 178 tahun 2014, yang juga telah ditindaklanjuti bersama dengan surat keputusan bersama (SKB) delapan kementerian dan lembaga tentang pertukaran data dan informasi dalam rangka penegakan hukum di laut.

"Pada hakekatnya maksud dari IMIC ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penegakan hukum melalui dukungan informasi maritim yang valid dan kredibel. Tujuannya, meningkatkan kewaspadaan maritim dan membangun daya tangkal kemaritiman di perairan Indonesia,”ujar Laksdya TNI Aan Kurnia dalam keterangan resmi, Kamis (23/7).

Menurut Aan, peluncuran IMIC yang digelar di Mabes Bakamla RI ini sekaligus bertepatan dengan hari ulang tahun dirinya yang ke-55.

Acara dihadiri puluhan tamu undangan dari Atase Pertahanan (Athan) Australia Brigadier General Justin M.T. Roocke, Atase Pertahanan (Athan) Singapura SLTC Tony Wong, Atase Pertahanan (Athan) Amerika Serikat Captain Stacey Prescot, Atase Pertahanan (Athan) India Captain Amitabh Saxena, Anggota Komisi I DPR RI Sugiono dan Muhammad Farhan, Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kemenlu Bebeb Djunjunan.

Baca juga: Bakamla: Coast Guard Vietnam Hangatkan Keamanan di Laut Natuna

Kemudian, Ketua HNSI Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. H. Yusuf Solichien, Staf Ahli Bid. Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam Laksda TNI Yusuf, Sekretaris Deputi Bid. Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Brigjen TNI Mar. Djatmiko, Kepala Pusat Informasi Maritim TNI Laksma TNI Andi Abdul Aziz, Pengamat Militer dan Intelijen Dr. Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati, Ketua Kelompok Nelayan Mandiri Basori, Ketua Bid. Regulasi Maritim INSA Otto KM Caloh, Wakil Ketua Bid. Pariwisata INSA Reyzal D Yusman, Perwakilan dari Kogabwilhan I, beberapa akademisi Universitas Ternama dan tamu undangan secara virtual.

Sementara itu, lanjut dia, output IMIC nantinya akan meliputi laporan periodik baik berupa laporan mingguan, bulanan, dan tahunan, serta publikasi maritim yang kemungkinan akan diperlukan di masa mendatang dan akan terus dikembangkan.

"Lebih lanjut, produk ini terbuka bagi publik sehingga dapat dimanfaatkan juga untuk kepentingan lembaga kajian dan media massa dalam dan luar negeri," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Moh Irfan

NasDem Terus Galakkan Vaksinasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 18 Oktober 2021, 13:12 WIB
Vaksinasi yang terus digencarkan dapat mempercepatkan terbentuknya kekebalan...
MI/Susanto

Kasus Jual Beli Jabatan di Probolinggo, KPK Panggil DelapanĀ Saksi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 12:25 WIB
Delapan saksi akan diminta keterangan mengenai kasus dugaan jual beli jabatan di Pemerintah...
Ist/DPR

Anggota DPR Tinjau Program Padat Karya BPJN PUPR Kepulauan Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 11:29 WIB
Legislator Dapil Kepri tersebut mengungkapkan, dana aspirasi yang bersumber dari APBN 2021 itu digunakan melalui program padat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya