Rabu 08 Januari 2020, 15:30 WIB

KPK-Kejaksaan Sepakat Perkuat Pilar Penegakan Hukum

Golda Eksa | Politik dan Hukum
KPK-Kejaksaan Sepakat Perkuat Pilar Penegakan Hukum

ANTARA
Ketua KPK Firli Bahuri.

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Jaksa Agung ST Burhanuddin sepakat untuk saling menguatkan pilar penegakan hukum masing-masing lembaga termasuk dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Firli kepada wartawan seusai bertemu Jaksa Agung dan para pejabat utama Korps Adhyaksa di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (8/1). Firli yang didampingi empat pimpinan lembaga antirasuah dan pejabat struktural datang untuk memperkenalkan diri.

Baca juga: Pemerintah Harus Bentuk Sea and Coast Guard

"Pertemuan ini sekaligus menindaklanjuti beberapa surat keputusan bersama antara Kejaksaan Agung dan KPK. Niatannya ialah bahwa penegakan hukum harus berjalan. Tentu kita harus bangun dan terus semangati," katanya.

Menurut dia, ada 4 poin kesepakatan yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Pertama, menyusun kembali nota kesepahaman terkait beberapa bidang untuk berbagi informasi penanganan perkara dalam bentuk surat perintah dimulainya penyidikan elektronik (e-SPDP).

Kedua, KPK dan Kejaksaan Agung akan saling membantu penanganan perkara yang sudah ditangani guna mempercepat penuntasannya. Kedua lembaga pun komitmen memberikan informasi seputar perkara tersebut.

Ketiga, terang dia, KPK dan Kejaksaan Agung akan membangun kerja sama di bidang sumber daya manusia (SDM). Pada kesempatan itu Firli juga meminta pimpinan kejaksaan menambah jaksa untuk bertugas di KPK.

"Kita paham bahwa jaksa itu satu. Maka KPK membutuhkan dukungan Kejaksaan Agung untuk menambah SDM-nya ke KPK, sehingga antrean perkara bisa dipercepat dan penuntasan perkara-perkara korupsi di dalam dakwaan, tuntutan, dan pemeriksaan peradilan bisa lebih lancar," katanya.

Terakhir, tukas Firli, kedua lembaga akan melakukan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan. Kebijakan itu dalam rangka meningkatkan kemampuan seluruh personel masing-masing lembaga yang bertugas di KPK.

Baca juga: Polemik Natuna, Pemerintah Diminta Bentuk ‘Sea and Coast Guard’

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan kedua pihak berkomitmen untuk saling menguatkan dan menyamakan visi terkait upaya memberantas korupsi di Tanah Air.

"Kedatangan Ketua KPK dalam rangka kita menjalin komunikasi dan lebih bersinergi. Tentunya kami sama-sama penegak hukum yang langkahnya harus sama. Itu yang tadi kami bicarakan," tutup Burhanuddin. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Babak Final Maritime Hackathon 2021 Raih Rekor MURI

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 11 April 2021, 05:18 WIB
Ahmad Heri mengatakan, inovasi yang ditampilkan para peserta memiliki potensi ekonomi dan sosial sangat besar untuk mendukung program...
Dok. BNPT

Gandeng Tokoh Agama, BNPT Cegah Paham Radikal pada Milenial

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 11 April 2021, 04:35 WIB
Melalui pemahaman moderasi beragama, toleransi antar umat, serta nilai-nilai kebangsaan, diharapkan generasi milenial tidak mudah...
Ist.

NasDem: Selama Bulan Puasa, Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

👤 Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 11 April 2021, 03:00 WIB
Wibi menilai Ramadan kali ini momen memperbaiki diri. Kemudian kesempatan memohon ampun kepada Allah SWT dan memohon...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya