Jumat 30 Agustus 2019, 23:42 WIB

Surya Paloh: Atasi Persoalan Papua Dengan Semangat Kekeluargaan

Surya Paloh: Atasi Persoalan Papua Dengan Semangat Kekeluargaan

MI/M. Irfan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh

 

PERSOALAN yang terjadi di Papua saat ini bisa diselesaikan dengan semangat kekeluargaan dan "kepala dingin" Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari Antara.

"Kita mengakui bahwa tindakan segelintir oknum telah melukai dan mencederai hati dan perasaan masyarakat Papua. Luka Papua adalah luka kita semua. Masalah yang terjadi di Papua menjadi masalah kita semua sebagai satu negara bangsa," kata Surya.

Surya menegaskan, aparat keamanan telah menindak tegas para oknum yang telah semena-mena terhadap warga Papua.

"Hal ini menunjukkan bahwa pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu berkomitmen untuk senantiasa menjunjung tinggi prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab sekaligus keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali warga Papua," jelasnya.

Baca juga : Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan di Papua

Berangkat dari kesadaran tersebut, Partai NasDem dengan ini meminta kepada pemerintah, pengemban otoritas tertinggi Republik Indonesia, untuk mengedepankan pendekatan kultural dalam menangani masalah di Papua saat ini.

"Ke depankan selalu pendekatan persuasif dan semangat persaudaraan sebagai satu bangsa," tuturnya.

Ia pun mengajak kepada seluruh warga bangsa dan kekuatan politik di seluruh penjuru negeri untuk senantiasa memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam upaya menyelesaikan masalah di Papua.

Surya Paloh pun memerintahkan kepada seluruh kader Partai NasDem, khususnya yang ada di Papua untuk menggalakkan dialog dan semangat kebangsaan di tengah warga Papua sebagai bagian dari penegasan bahwa semua adalah Satu Nusa Satu Bangsa.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua dan senantiasa menjaga keutuhan NKRI dari rongrongan kekuatan yang pemecah belah bangsa dan negara Republik Indonesia," pungkasnya. (Ant/OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

Lima Teroris dari Jaringan Berbeda Ditangkap di Sejumlah Wilayah

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:49 WIB
Penangkapan tersangka tindak pidana terorisme di wilayah DKI Jakarta sebanyak dua orang berinisial AS yang memiliki keterlibatan hubungan...
Antara

3.200 Personel Amankan Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:25 WIB
Kepolisian menerjunkan 3.200 personel untuk mengamankan upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Masih Tunggu Banyak Pihak, Hasil Autopsi Ulang Brigadir J Diumumkan Minggu Depan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:20 WIB
Ade memastikan seluruh proses autopsi sudah tuntas di Jambi. Tim dokter bertugas memeriksa jaringan dan membuat laporan hasil pemeriksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya